Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning (PBL) di SMA

Authors

  • Vevi Sumantri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ristontowi Ristontowi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.11503

Keywords:

Kata kunci,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching, PBL, dan konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitin eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 4 Bengkulu Utara, sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIPA 1 yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching, siswa kelas X MIPA 2 dengan model pembelajaran problem based learning  dan siswa kelas X MIPA 3  dengan model pembelajaran konvensional. Tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperoleh bahwa ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teachimg, Problem Based learning dan model konvensional. Model Reciprocal teaching dan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan rata – rata hasil kemampuan berpikir kreatif lebih baik dari model pembelajaran konvensional.

Kemampuan Berpikir Kreatif, Reciprocal Teaching, Problem Based Learning

References

Agustiar, H., Widada, W., Herawaty, D., & Kurniawan, K. (2020). Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMP melalui Pembelajaran Connected Mathematics. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 161–169.

Antari, Ni.Md.Wina,Sujana. I Wyn. Wiarta,I Wyn .(2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS.Siswa Kelas V Sd Gugus 1. Denpasar Selatan.

Hamidah, Zumrotul. (2016). Pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Mts Ma’Arif UDANAWU TAHUN AJARAN 2016/2017. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kediri.

Herawaty, D., Gede, W., Umam, K., Nugroho, Z., Anggoro, F. D., Dewarif, S., & Anggoro, T. (2020). Students ’ cognitive processes in understanding the application of derivatives. Annals of Mathematical Modeling, 2(1), 29–36.

Jumri, R., Widada, W., & Herawaty, D. (2018). Improving the Innovation of Mathematics Education Undergraduate through Cooperative Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(2), 2016–2019. https://doi.org/10.21275/ART201818.

Kompri, (Ed). 2015.Manajemen Pendidikan. Depok. Penerbit AR-RUZZ MEDIA

Maharani, Dian.Noer,H.S,Gunawibowo,P. 2015. Efektivitas Problem Based LearningTerhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self Concept. Bandar lampung

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1232–1237.

Rohaeti, dkk.(2013). Penerapan model treffinger pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kamampuan berfikir kreatif siswa SMP. Jurnal online pendidikan matematikakontemporer.Dari:http//jurnal.FMIPA.upi.edu/index.php/jopmk/article/view/4

Saputra, R., Dewarif, S., & Anggoro, T. (2020). The Influence of the Connected Mathematics Project ( CMP ) Model with an Ethnomatic Approach on Problem Solving Ability. Journal of Mathematics, Science, Technology and Education, 1(1), 21–25.

Sinaga Yuliana.2017.’’Pengaruh Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Sekolah Dasar Markus Medan

Siswono, E.Y.T, Novitasari,w.2006. meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pemecahan masalah tipe “whats another way”.jurusan matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Widada, W. (2002). Teori APOS sebagai suatu alat analisis dekomposisi genetik terhadap perkembangan konsep matematika seseorang. Journal of Indonesian Mathematicel Society (MIHMI), 8.

Widada, W. (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2), 163–172.

Widada, W. (2017). Beberapa Dekomposisi Genetik Siswa dalam Memahami Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(1), 44–54.

Widada, W., & Herawaty, D. (2017). Dekomposisi Genetik tentang Hambatan Mahasiswa dalam Menerapkan Sifat-sifat Turunan. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 136–151. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i2.9216

Widada, W., & Herawaty, D. (2018). The Effects of the Extended Triad Model and Cognitive Style on the Abilities of Mathematical Representation and Proving of Theorem. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 218(ICoMSE 2017), 89–95. https://doi.org/10.2991/icomse-17.2018.16

Widada, W., Herawaty, D., Ma’rifah, N., & Yunita, D. (2019). Characteristics of Students Thinking in Understanding Geometry in Learning Ethnomathematics. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(11), 3496–3503.

Widada, W., Nugroho, K. U. Z., & Sari, W. (2018). The Ability of Mathematical Representation through Realistic Mathematics Learning Based on Ethnomathematics. Semin. Adv. Math. Sci. Eng. Elem. Sch. Mercur. Hotel Yogyakarta, 16.

Wiratamasari, Sarwinda. (2010:1) Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Strategi Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Biologi Di Sma. Mahasiswa Pasca Sarjana program studi pendidikan Biologi. Universitas Malang.

Yanti, D., Fauziyah, A., & Friansah, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/1016. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 139–150.

Published

2020-10-19

How to Cite

Sumantri, V., & Ristontowi, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning (PBL) di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 26–34. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.11503