Aplikasi Construct 2 Pengembangan E-LKPD dengan Berbasis STEM

Authors

  • nurul hamidah universitas islam negeri raden intan lampung
  • rany widyastuti Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • netriwati netriwati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.11536

Keywords:

Aplikasi construct 2, LKPD, STEM

Abstract

Salah satu media dalam pembelajaran matematika adalah LKPD. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengembangan dan mengetahu respon e-LKPD berbasis berbantuan aplikasi construct  , serta mengetahui keefektifan e-LKPD berbasis STEM berbantuan aplikasi construct 2. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pengembangan ADDIE dan tergolong pre-experimental. pengumpulan data dengan wawanca, tes dan angket. adapun  Hasil penelitian Respon peserta didik terhadap e-LKPD berbasis STEM yaitu “Sangat menarik” dari perhitungan skor rata-rata pada uji coba skala kecil yaitu 3,65% dan pada uji coba lapangan skala besar yang diikuti oleh 30 peserta didik skor rata-rata kemenarikan yang  diperoleh yaitu 3,55 pada kriteria “Sangat menarik” dan dikatagorikan sangat layak untuk digunakan.

 

 

 

References

Adlim, A., & Mursal, M. (2015). Pengembangan Lks Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Beutong Pada Materi Induksi Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(1), 239–250.

Agustiar, H., Widada, W., Herawaty, D., & Kurniawan, K. (2020). Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMP melalui Pembelajaran Connected Mathematics. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 161–169.

Aldila, C., Abdurrahman, A., & Sesunan, F. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4).

Anwar, S. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233–247.

Aslinda, N., Hufri, H., & Amir, H. (2017). Design LKPD Terintegrasi Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Laboratory pada Materi Fluida Dinamis dan Teori Kinetik Gas dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI SMA. Pillar Of Physics Education, 10(1).

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173–194.

Firdaus, M., & Nugroho, H. W. (2016). Rancang Bangun Game Edukasi Asah Otak Anak Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Construct 2. KONVERGENSI, 12(01).

Fitria, A., & Wiyarno, Y. (2019). Pengembangan Model Bimbingan Tik Blended Learning Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Peserta Didik SMAN 2 Probolinggo. Jurnal Education and development, 7(3), 293–293.

HASANAH, U. N., Thahir, A., Komaruddin, K., & Rahmahwaty, R. (t.t.). MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1123–1135.

Heningtyas, M. A. (2014). Peran Pemerintah dan Masyarakat dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Nonformal (Studi Kasus: Eksistensi" Kampung Inggris" Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Publik, 2(2), 264–268.

Latifah, S. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43–51.

Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190.

Nisa, H. A., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13–25.

Nurhayati, T. (2016). Perkembangan Perilaku Psikososial Pada Masa Pubertas. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(1).

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53–58.

Prasinta, D. J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Model Inquiry Pada Tema Berbagai Pekerjaan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Lampung.

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat eksistensi pendidikan Islam di era 4.0. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221–239.

Rahmawati Maulidia, Y. (2019). Pengembangan LKPD Menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Materi Teks Iklan, Slogan, Dan Poster Kelas VIII. BAPALA, 5(2).

restami,M.PR, & Antarajaya, I. N. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Visual Dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 110–120.

Sari, Y. (2017). Konsep Wahdatul Wujud dalam Pemikiran Hamzah Fansuri . (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sari, Y. P. (2019). Pengembangan Lkpd Elektronik Dengan 3d Pageflip Professional Berbasis Literasi Sains Pada Materi Gelombang Bunyi. UIN Raden Intan Lampung.

Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan kognitif dan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis proyek berpendekatan STEM. Jurnal Pembelajaran Kimia OJS, 4(1), 18–30.

Surmilasari, N. (2012). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Konstruktivisme Untuk Pembelajaran Materi Perkalian Dua Matriks Di Kelas XII SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 635–642.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal pendidikan karakter, 1.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran PKN Di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.

Triastuti, E. (t.t.). Pembelajaran Berbasis Stem Pada Materi Sel Volta Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Adi Karsa, 33.

Wati, J. (2019). Pengembangan Lkpd Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Universitas Negeri Lampung.

Yanuariska, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Dilengkapi Lkpd Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology Engineering, Art and Mathematics): Pembelajaran Untuk Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21. Seminar Nasional Matematika dan Sains dengan Tema “STEAM Terintegrasi Kearifan Lokal Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri, 4.

Published

2020-10-19

How to Cite

hamidah, nurul, widyastuti, rany, & netriwati, netriwati. (2020). Aplikasi Construct 2 Pengembangan E-LKPD dengan Berbasis STEM. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 63–73. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.11536