Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa

Authors

  • Elgie Firdyan Eka Zhoga Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Feni Rita Fiantika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Jatmiko Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.11996

Keywords:

Representasi, Discovery Learning dan Gamelan

Abstract

Representasi matematik merupakan syarat yang harus dimiliki oleh siswa, karena representasi matematik sangat diperlukan dalam pemahaman konsep maupun penyelesaian masalah matematika. Pembelajaran disekolah guru bisa menggunakan salah satu model pembelajaran discovery learning untuk mengetahui kompetensi representasi matematik yang dimiliki siswanya dan juga agar para siswa mampu aktif dan kreatif. Dalam pembelajaran discovery learning bisa saja mengkolaborasikan dengan kebudayaan yang ada dilingkungan sekitar melalui media yaitu gamelan. Subyek pada penelitian ini yaitu 3 siswa dengan masing-masing kemampuan representasi matematik tinggi, sedang maupun rendah yang diambil dari 4 sekolah dasar yang berbeda dari hasil tes tulis mereka, serta dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana mendeskripsikan peristiwa serta peneliti berperan aktif untuk mendapatkan data yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan masing-masing kemampuan representasi matematik siswa dengan kemampuan tinggi, sedang maupun rendah. Hasil yang diperoleh bahwasannya siswa yang berkemampuan representasi matematik tinggi mampu untuk memenuhi disetiap indikator representasi matematik yang sudah diberikan melalui permasalahan. Untuk siswa yang berkemampuan representasi matematik sedang masih ada sedikit indikator yang belum mampu untuk melengkapi yang ada dipermasalahan. Sedangkan pada siswa yang berkemampuan representasi matematik rendah masih banyak indikator yang belum mampu dilengkapi disetiap indikatornya.

References

Arikunto, S. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Asri, E. Y., & Noer, S. H. (2015). Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (pp. 891-896). Yogyakarta: PM-127.

Fiantika, F. R., Maknun, C. I., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2018). Analysis of students’ spatial thinking in geometry: 3D object into 2D representation. Conference Series , 1-7.

Iswantoro, G. (2017). KESENIAN MUSIK TRADISIONAL GAMELAN JAWA SEBAGAI KEKAYAAN BUDAYA BANGSA INDONESIA . Jurnal Sains Terapan Pariwisata , 129-143.

Kemendikbud. (2013). MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING ). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mudzakir, A. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut , 09-22.

NCTM. (2000). Virginia Principles and Standars for School Mathematics. Reston VA: The National Council of Teachers of Mathematics Inc.

Puspitadewi, R., Saputro, A. N., & Ashadi. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 3 SEMESTER GENAPSMA N 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK , 5 (4), 114-119.

Rahayu, W. D., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTs Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) , 4 (1), 79-86.

Rahmawati, L., & Lakoro, R. (2017). Perancangan Media Digital Interaktif Gamelan Jawa Timuran sebagai Wadah Pengenalan Alat Musik Tradisional untuk Anak Usia 9-10 Tahun. JURNAL SAINS DAN SENI ITS , 6, 74-79.

Syafri, F. S. (2017). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIKA. Jurnal Edumath , 3, 49-55.

Widyasari, N., Dahlan, A. J., & Stanley, D. (2016). Meningkatkan Kemampuan disposisi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. FIBONACCI , 2 (2), 28-39.

Yudoyono, B. (1984). Gamelan Jawa, Awal-Mula Makna Masa Depannya. Jakarta: PT Karya Unipress.

Published

2021-03-30

How to Cite

Zhoga, E. F. E., Fiantika, F. R., & Jatmiko, J. (2021). Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 16–38. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.11996

Issue

Section

Articles