Analisis Sikap dan Konsep Diri Siswa terhadap Matematika (Studi Survei pada Siswa MTs Se-Kabupaten Kerinci)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.13366

Keywords:

Hasil PISA, Konsep diri, Sikap siswa, Survei

Abstract

Sikap dan konsep diri siswa memiliki peranan penting terhadap prestasi belajar siswa, karena sikap dan konsep diri siswa dapat berpengaruh pada kemampuan matematika siswa. Berdasarkan hasil Programme for International Student Assessment (PISA) selama kurun waktu 15 tahun menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa di Indonesia masih rendah dan berada dibawah rata-rata. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sikap dan konsep diri siswa terhadap matematika (Studi Survey pada Siswa MTs Sekabupaten Kerinci). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, dengan jenis penelitian Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTsN yang berjumlah 952 orang dengan sampel 90 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purvosive sample. Hasil analisis penelitian sikap siswa MTs sekabupaten Kerinci terhadap matematika berada di kategori rendah dengan frekuensi paling banyak yakni 51 orang dengan presentase 56,7% di ikuti dengan kategori sedang dan yang terakhir kategori tinggi. Dan konsep diri siswa MTs sekabupaten Kerinci terhadap matematika berada di kategori rendah dengan frekuensi paling banyak yakni 52 orang dengan presentase 57,8% di ikuti dengan kategori sedang dan yang terakhir kategori tinggi.

Author Biography

Dela Kristia, Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kerinci

References

Adam, & Upu, H. (2019). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning dan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Luwu. Pedagogy, 4(1), 28–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i1.1428

Afgani, M. W., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2018). Developing self-concept instrument for pre-service mathematics teachers. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012014

Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207–216. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.308

Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 126–135. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.119

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan (5th ed.). Rineka Cipta.

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31–41. https://doi.org/10.33387/dpi.v6i1.350

Gunarti, E. (2017). Hubungan Antara Kreativitas, Kemampuan Numerik dan Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Pundong. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/.v5i1.934

Habibi, M., Darhim, & Turmudi. (2018). Self-Determination in Mathematics Learning Process by Using Generative Multi - Representation Learning (GMRL) Model. Journal of Physics: Conference e Series, 1097(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012155

Habibi, Mhmd. (2014). Analisis Kinerja Guru Matematika dari Sudut Pandang Siswa (Penelitian Di Kabupaten Kerinci Prov. Jambi) Mhmd. EDUCATIONIST, 7(1), 63–69.

Karim, A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 188–195. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.154

Lambertus, Ambarsari, M., & Maonde, F. (2017). Pengaruh Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 105–124. https://doi.org/10.36709/jpm.v7i1.2077

Leonard, L. (2015). Kajian Peran Konsistensi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 97–104. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.116

Magfirah, I., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil ? Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene ? Kepulauan Selayar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 103–116.

Makur, A. P., Prahmana, R. C. I., & Gunur, B. (2019). How mathematics attitude of mothers in rural area affects their children’s achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 1-1 10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012009

Meisya, S. (2018). Pengembangan Lembar kerja siswa berbasis Model-Eliciting Activites untuk memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1).

Mohamed, A. N., & Razak, F. A. (2018). Effects of gender and school type on attitudes towards mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012038

Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurangi Benang Kusut Dunia Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Nofrialdi, I., Maison, & Muslim. (2018). Tingkat Kecemasan Matematika Siswa SMA Negeri 2 Kerinci Kelas X MIA Sebelum Menghadapi Tes Matematika Berdasarkan Gender dan Hubungannya dengan Hasil Belajar. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 11–19. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.248

Nur, M. A. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Persepsi Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Matematika Dan Pembelajaran, 2(2), 64–79.

Prasetyawan, E. (2017). Upaya Meningkatkan Sikap Terhadap Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Discovery Pada Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. EDUKA Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Bisnis, 1(5), 24–40.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Puspitasari, S., & Budiastuti, E. (2019). Self-concept and self-care: Implications for adolescents’ achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1273(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012042

Rhamayanti, Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dan Respon Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 29–39. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.244

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7–21. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.221

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 240–256. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development (2nd ed.). Alfabeta.

Suri, A., & Herman, T. (2020). How are the contributions of mathematics resilience for developing attitude rubric to assess mathematics learning? Journal of Physics: Conference Series, 1521(3), 2–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032055

Widyaninggar, A. A. (2014). Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus Kendali (Locus of Control) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 89–99. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i2.143

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Kristia, D., Habibi, M., Fidya, Y., & Putra, A. (2021). Analisis Sikap dan Konsep Diri Siswa terhadap Matematika (Studi Survei pada Siswa MTs Se-Kabupaten Kerinci). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 32–46. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.13366

Issue

Section

Articles