Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i2.13406Keywords:
Kemampuan komunikasi matematis, Visual, Auditorial, KinestetikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada setiap jenis gaya belajar tunggal (visual, auditori, dan kinestetik). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus tunggal. Penelitian ini merupakan kasus tunggal dan dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Gunung Putri, Jawa Barat Indonesia. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga siswa kelas 9 yang mewakili masing-masing gaya belajar yaitu S-25 sebagai sampel dengan gaya belajar visual, S-14 sebagai sampel dengan gaya belajar auditory, dan S-26 sebagai sampel dengan gaya belajar kinestetik. Data diolah menjadi tiga tahap yaitu pencocokan pola, pembuatan penjelasan, dan analisis deret waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari indikator kemampuan komunikasi matematis hanya satu indikator yang mampu diselesaikan oleh sampel dengan gaya belajar tipe auditori yaitu indikator penyajian gambar atau diagram menjadi ide matematika.References
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29
Anintya, Y. A, Pujiastuti, E., & Mashuri. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII Pada Model Pembelajaran Resource Based Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 37–41. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.13630
Anintya, Yolanda Astrid. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII Pada Model Pembelajaran Resource Based Learning. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Auliana, N. (2017). Jurnal analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistika ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, kinestetik (vak). Jurnal FKIP – PENDIDIKAN MATEMATIKA, 01(06).
Bharti, B., Hamdani, H., & Nursangaji, A. (2020). Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam materi program linear ditinjau dari gaya belajar visual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(4).
Daimaturrohmatin, & Rufiana, I. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Edupedia, 3(1), 17–31. https://doi.org/10.24269/ed.v3i1.232
Effendi, K. N. S., & Aini, I. N. (2018). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi Guru Matematika SMP di Telukjambe, Karawang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.30653/002.201831.38
Erawati, N. K., & Putri, N. W. S. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam penyelesaian masalah ditinjau dari gaya belajar. Prosiding Senama PGRI, 1. https://doi.org/10.5281/zenodo.3376423
Glaser, B. G., & Strauss, A. L. (1967). The discovery of grounded theory strategies for qualitative research. In Aldine Transaction: Vol. (5)2 (Issue 2).
Guntara, I. . W., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika di sd negeri kalibukbuk. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). http://download.portalgaruda.org/article.php?article=138694&val=1342
Julita, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematis dan Self Esteem Siswa Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Universitas Pendidikan Indonesia.
Khaerunisa. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII mts s islamiyah urung pane. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. VA.
Nugroho, A. D., & Hidayati, N. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi. Prosiding Sesiomadika, 2(2).
Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal On Education, 1(2), 344–352.
Santoso, S. E. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Belajar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Quantum Learning. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Syarifah, T. J., Sujatmiko, P., & Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 1(2), 1–19.
Taqwan, B., & Haji, S. (2019). Pengaruh pembelajaran luar kelas (outdoor learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas vii smp negeri 05 seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1).
Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1). https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2
Wijayanti, I. D., Hariastuti, R. M., & Yusuf, F. I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 68–76.
Wulandari, S., Mirza, A., & Sayu, S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3429
Yin, R. K. (2015). Studi kasus: desain dan metode. Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .