Kajian Etnomatematika terhadap Tradisi Weh-wehan di Kecamatan Kaliwungu Kendal

Authors

  • Aini Fitriyah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.14691

Keywords:

Etnomatematika, Weh-wehan, Aktivitas fundamental matematis

Abstract

Penelitian ini mengkaji etnomatematika pada tradisi weh-wehan yang ada di Kecamatan Kaliwungu Kendal. Weh-wehan merupakan salah satu tradisi keagamaan di Kaliwungu Kendal yang dilakukan dengan cara saling menukar makanan antar tetangga dalam memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW. Data diperoleh dari sumber dokumentasi dan wawancara beberapa tokoh masyarakat. Selanjutnya penelitian disajikan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Merujuk aktivitas fundamental matematis menurut Bishop, diperoleh  bahwa tradisi weh-wehan memuat lima dari enam aktivitas fundamental matematis yang ada, yaitu counting, locating, designing, playing dan explaining.

Author Biography

Aini Fitriyah, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Matematika

References

Bishop, A. (1994). Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. For the Learning of Mathematics, 14(2), 15-18. Retrieved March 30, 2021, from http://www.jstor.org/stable/40248109

Farida, N. (2015). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(2), 42–52. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306

Hardian, C.D. (2018). Etnomatematika, Analisis Pola dan Motif Batik Berdasarkan Wallpaper Group serta Analisis Aktivitas Fundamental Matematis Menurut Bishop Pada Industri Batik di Desa Wijirejo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul DIY. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/31490

Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217–232. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870

Lubis, A. N. M. T., & Widada, W. (2020). Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 127–133.

Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 164–176.

Malikhah, N.L. (2019) Nilai-nilai Dakwah dalam Tradisi Ketuwinan di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. (Skripsi). Semarang: UIN Walisongo. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9993

Melisa, Widada, W., & Zamzaili. (2019). Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Bengkulu untuk Meningkatkan Kognisi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 103–110.

Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UMS, ISBN : 978.602.361.002.0.

Nuryatin, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal on Education, 1(2), 61–67. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/68

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2017). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943 (2017) 012032 doi :10.1088/1742-6596/943/1/012. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012032

Utami, V., & Effendi, K. N. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis siswa SMP Pada Materi Kubus. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 8–16.

Yulfitri, Haji, S., & Nirwana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 76–85.

Published

2021-03-31

How to Cite

Fitriyah, A. (2021). Kajian Etnomatematika terhadap Tradisi Weh-wehan di Kecamatan Kaliwungu Kendal. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 50–59. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.14691

Issue

Section

Articles