Representasi Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ruang selama Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Bengkulu

Sayudi Agriyanto(1), Iwan Setiawan(2), Agus Susanta(3),
(1) , Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil representasi spasial siswa Madrasah Aliyah Negeri Seluma pada materi geometri ruang selama pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XII MIPA Madrasah Aliyah Negeri Seluma yang berjumlah 20 siswa dengan dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan berdasarkan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi spasial siswa mencakup 5 indikatornya yaitu 1) 87,5% siswa menjawab benar pada soal dengan indikator menyatakan kedudukan antar unsur-unsur suatu bangun ruang, 2) 66,67% siswa menjawab benar pada soal dengan indikator mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bangun ruang, 3) 75% siswa menjawab benar pada soal dengan indikator membayangkan bentuk atau posisi suatu objek geometri yang dipandang dari sudut pandang tertentu, 4) 54,16% siswa menjawab benar pada soal dengan indikator mengonstruksi dan merepresentasikan model-model geometri yang digambar pada bidang datar dalam konteks ruang, dan 5) 58,33% siswa menjawab benar pada soal dengan indikator menginvestigasi suatu objek geometri.

Keywords


Representasi spasial, Pembelajaran matematika realistik, Etnomatematika Bengkulu

References


Abdussakir. (2009). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. Madrasah, 11(1), Juli-Desember 2009.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azustiani, H. (2017). Kemampuan Spasial Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dariKemampuan Matematika Siswa di SMPN 1 Semen. Simki-Techsain. 1(5), 1-11.

Faruq, A., Ipung Y, & Tjang D.C. (2016). Representasi (Eksternal-Internal) Pada Penyelesaian Masalah Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika (JRPM). 1(2), 149-162.

Haji, S. (2011). Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan TRIADIK, 14(1), 55-63.

Hudojo, H. (2005). Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Krismiati, A. (2013). Penerapan Pembelajaran dengan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Secara Berkelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas X SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 123-135.

Laurens, T. (2016). Analisis Etnomatematika dan Penerapannya dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. LEMMA, 3(1), 86-96.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Nuha Litera.

Melinda, S.D. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Spasial Materi Geometri di SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga. Journal of Mathematics Education, 3(1), 34-41.

Moeleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Muttaqien, A. (2016). Representasi Matematis Pada Pemecahan Word Problem Perbandingan Inkonsisten. Jurnal Review Pembelajaran Matematika (JRPM), 1(2), 99-116.

Rangkuti, A.N. (2014). Representasi Matematis. Forum Paedagogik. 6(1), 111-127.

Ristontowi. (2013). Kemampuan Spasial Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dengan Media Geogebra. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik”, UNY, Yogyakarta 9 November.

Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Pedagogi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1–9.

Soedjadi, R. (2001). Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Realistic Mathematics Education di FMIPA UNESA tanggal 24 Februari 2001.

Sudiarta, I G.P. (2007). Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Statistik Matematika I Tahun2006/2007. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha, 3, 588-605.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Susetyo, B. (2015). Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung : PT Refika Aditama.

Widada, W., Nugroho, K.U.Z., Sari, W.P., Pambudi, G.A. (2018). The Ability of Mathematical Representation through Realistic Mathematics Learning Based on Ethnomathematics. Seminar on Advances in Mathematics, science, and Engineering for Elementary School (SAMSES).

Widada, W, Herawaty D, Dwi Y, & Dena I. (2017). The Students’ Mathematical Communication Ability In Learning Ethomathematics Oriented Realistic Mathematics. Internasional Journal of Science and Research (IJSR), Vol. 7(9), 881-884.




DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v6i2.14951

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia diindeks oleh:

  logo

 


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh  https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats