Identifikasi Etnomatematika pada Alam Gemisegh sebagai Kekayaan Matematika dan Budaya Lampung

Silvi Riswati(1), Netriwati Netriwati(2), Suherman Suherman(3),
(1) UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
(2) UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
(3) UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

Abstract


Alam Gemisegh merupakan salah satu tradisi masyarakat Lampung yang perlu dilestarikan, karena tanpa disadari terdapat konsep etnomatematika di dalamnya yang menjadi dasar terbentuknya berbagai konsep matematis pada budaya. Tujuan dari penelitian ini untuk menggali aktivitas etnomatematika yang terdapat pada alam gemisegh. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandar Lampung dan Krui. Pelaksanaan penelitian ini melibatkan tiga subjek penelitian yang merupakan tokoh adat dan budayawan Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Triangulasi sumber dan teknik merupakan triangulasi yang digunakan dalam uji keabsahan data pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aktivitas etnomatematika yang ditemukan pada alam gemisegh melingkupi aktivitas membilang yang diverifikasi dengan pengucapan banyaknya kayu pada bentuk kerangka alam gemisegh, aktivitas mengukur yaitu yang melandasi terciptanya pola pada bentuk kerangka dan kain atau pernak-pernik alam gemisegh, dan aktivitas merancang bangun yang kuat hubungannya terhadap geometri

Keywords


Alam Gemisegh; Etnomatematika; Budaya Lampung

References


Agasi, G. R., & Wahyuono, Y. D. (2016). Kajian Etnomatematika: Studi Kasus Penggunaan Bahasa Lokal Untuk Penyajian Dan Penyelesaian. 527–540.

Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., & Rahmat, C. (2014). Study of Ethnomathematics : A lesson from the Baduy Culture. International Journal of Education and Research, 2(10), 681–688.

Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12. Diambil dari http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Fadlilah, U., Trapsilasiwi, D., & Oktavianingtyas, E. (2015). Identifikasi Aktivitas Etnomatematika Petani Padi Pada Masyarakat Jawa Di Desa Setail. 6(3), 45–56.

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358

Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. 4(2), 145–158. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.705

Geni, P. R. L., & Hidayah, I. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 11–17.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99–110.

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14–23.

Huda, M., & Mutia. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. Fokus: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 2(2), 182–199. Diambil dari http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JF

Iluno, C., & Taylor, J. I. (2013). Ethnomathematics : The Key to Optimizing Learning and Teaching of Mathematics. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 3(1), 53–57. Diambil dari www.iosrjournals.org

Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. 1(2), 1–10.

Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 165. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Martyanti, A., & Suhartini. (2018). Etnomatematika : Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. 1(1), 35–41.

Maskar, S., & Anderha, R. R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri Dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema Journal, 1(1), 40–47.

Puspadewi, K. R., & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika di Balik Kerajinan Anyaman Bali. 4(2), 80–89.

Putra, R. W. Y., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada jenjang Sekolah Dasar. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 9–14. Diambil dari http://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai sumber Belajar Matematika Pada Jejang MI. IV(1), 21–31.

Risdiyanti, I., Charitas, R., & Prahmana, I. (2018). Etnomatematika : Eksplorasi Dalam Permaninan Tradisional Jawa. Journal of Medives, 2(1), 1–11.

Rohmaini, L., Netriwati, Komarudin, Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. 5(2), 176–186.

Safitri, J. D., Rinaldi, A., & suherman. (2021). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA UPACARA ADAT. 8(1), 386–392.

Suherman, Rahmadani, N. A., Vidákovich, T., Mujib, Fitria, N., Sari Putri, N. I., … Priadi, M. (2021). SQ3R method assisted by ethnomathematics-oriented student worksheet: The impact of mathematical concepts understanding. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012059

Sumiyati, W., Netriwati, & Rakhmawati, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. 1(1), 15–21.

Yusnita, I., Masykur, R., & Suherman. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29–38.

Yusuf, M. W., Saidu, I., & Halliru, A. (2010a). A Mathematical Game in Hausa Culture. International Journal of Mathematical Science Education, 3(1), 36–42.

Yusuf, M. W., Saidu, I., & Halliru, A. (2010b). ETHNOMATHEMATICS A case of Wasakwakwalwa ( Hausa culture puzzles ) in Northern Nigeria. International Journal of Basic & Applied Sciences, 10(1), 14–23.

Zaenuri, Teguh, A. W. P. B., & Dwidayati, N. (2017). Ethnomathematics Exploration on Culture of Kudus City and Its Relation to Junior High School Geometry Concept. International Journal of Education and Research, 5(9), 161–168.




DOI: https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i2.15607

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia diindeks oleh:

  logo

 


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh  https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats