Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Discovery-Learning dan Problem-Based-Learning Berbantuan Geogebra

Authors

  • Lilik Subagio Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ida Karnasih Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Irvan Irvan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara http://orcid.org/0000-0002-6083-4125

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i2.15733

Keywords:

Discovery-Learning, Problem-Based Learning, Geogebra, Motivasi Belajar

Abstract

Wawancara dan obervasi pendahuluan memperlihatkan bahwa keinginan belajar dari siswa tergolong masih rendah. Salah satu cara meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menerapkan model Discovery-Learning  serta Problem Based Learning berbantuan Geogebra. Penelitian  bertujuan melihat perbedaan pengaruh dari penerapan model Discovery-Learning  dan Problem-Based Learning berbantuan Geogebra terhadap peningkatan motivasi belajar dari siswa. Penelitian Eksperimen menjadi metode dalam penelitian ini. Data penelitian diperoleh melalui angket sebelum dan setelah tindakan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Merujuk dari hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa dari kelas eksperimen 1 adalah 123,06 dari sebelumnya 93,97 atau naik 29,09 point. Sedangkan untuk kelas eksperimen 2 rata-ratanya adalah 121,31 dari sebelumnya 96,16 atau meningkat 25,16 point. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua model pembelajaran yaitu DL  dan PBL berbantuan Geogebra sama-sama memberikan pengaruh positif dalam peningkatan motivasi belajar siswa. Akan tetapi tidak terdapat perbedaan pengaruh dari penerapan kedua model pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.

Author Biographies

Lilik Subagio, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Magister Pendidikan Matematika

Ida Karnasih, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Magister Pendidikan Matematika

Irvan Irvan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Magister Pendidikan Matematika

References

Anggraini, V. D., & Mukhadis, A. (2013). Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, dan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 187–195.

Arbain, N., & Shukor, N. . (2015). The effect of Geogebra on Students Achievement. Elsevier ltd.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI, 1, 76–89. http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/637/

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35.

Gustika, R., Sakti, I., & Putri, D. H. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning Model) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Di SMAN 3 Bengkulu Tengah. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.1-6

Hartono, J. A., Karnasih, I., & Armanto, D. (2021). Development of Mathematics Learning Devices Based on Guided Discovery Learning Models and Focusing on Students’ Mathematical Power at SMP Istiqlal Delitua. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 50–62. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1555

Irvan, I., & Muslihuddin, R. (2020). The Development Of Teaching Materials With Problem Based Learning On The Mathematical Statistics Subject To Improve Students’ Critical Thinking Ability. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(1), 1-6.

Karnasih, I. (2014). Authentic Assessment Of Student Learning Mathematics With Technology. ICERE (International Conference on E

Kemdikbud. (2016). Permendikbud No 21 Tahun 2016 Tentang Standard Isi. Kemdikbud.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016. Kemendikbud RI, STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, 1–15. http://luk.tsipil.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud22-2016SPDikdasmen.pdf

Madio, S. S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3637.93-108

Marsila, W., Connie, C., & Swistoro, E. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8

Maryanti, I., Wahyuni, S., & Panggabean, E. M. (2017). Pengaruh Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Fkip Umsu. Matematics Paedagogic, 2(1), 83–89. file:///C:/Users/user/Downloads/126-216-1-SM.pdf

Masdariah, Nurhayati B, R. (2013). Kajian Deskriptif Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar , Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Descriptive Study of Discovery Learning Model In Improving Learning Motivation , Learning Activity , and Learning Outcomes o. 551–557.

Mullis, I. V., & Martin, M. O. (2015). TIMSS 2015 Assessment Framework. TIMSS & PIRLS International Study Center.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implemenatasi Kurikulum 2013. Rosda.

Mushlihuddin, R. (2018). The effectiveness of problem-based learning on students’ problem solving ability in vector analysis course. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012028). IOP Publishing.

Mushlihuddin, R., Irvan, & Panjaitan, S. (2020). Effectiveness of Geogebra Learning with Scientific Approach to Vocational School of Technical Engineering 2 Binjai. Journal of Physics: Conference Series, 1429(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1429/1/012004

Muttaqiin, A., & Sopandi, W. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Sisipan Membaca Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edusains, 8(1), 57–65.

Pebruanti, L. (2015). Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Improving Motivation and Learning Outcomes in Basic Programming Using Modules in Smkn 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1, 365–376.

Prasetyo, S., Usodo, B., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning (Dl) Dan Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Bangun Ruang Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri Se-Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 33(99), 2339–1685.

Preiner, J. (2008). Introducing Dynamic Mathematics Software to Mathematics Teachers: The Case of GeoGebra. PhD Dissertation in Mathematics Education. Faculty of Natural Sciences. University of Salzburg.

Putri, E. A., Mulyanti, Y., & Imswatama, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 167–174. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.167-174

Royani, M. (2016). Problem Based Learning : Solusi Pembelajaran Matematika Yang Pasif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127–131. https://doi.org/10.33654/math.v2i2.37

Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran DIscovery Learning Dalam Meningkatkan HAsil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit, 6(1), 1–16.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. RajaGrafindo Persada.

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sma. Infinity Journal, 2(2), 144. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.31

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, M., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.228

Suyitno, H., & Artikel, I. (2015). Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Metakognisi Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 4(1), 10–17.

Syafrizal, A., Syahputra, E., & Irvan, I. (2020). Differences in Increasing The Ability of Reasoning in Problem Based Learning Model and Computer-Based Group Investigation. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 3(2).

Tanjung, D. F., Syahputra, E., & Irvan, I. (2020). Problem Based Learning, Discovery Learning, and Open Ended Models: An experiment On Mathematical Problem Solving Ability. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 4(1), 9. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i1.1736

Taufik, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram. AgriSains, 5(1), 58–86.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Published

2021-07-30

How to Cite

Subagio, L., Karnasih, I., & Irvan, I. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Discovery-Learning dan Problem-Based-Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 15–26. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i2.15733

Issue

Section

Articles