Analisis Kontruksi Pengetahuan Berdasarkan Teori APOS Materi Teorema Pythagoras Pada Pembelajaran Model ICARE

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.16298

Keywords:

Pembelajaran ICARE, Kontruksi Pengetahuan, APOS, Pythagoras

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontruksi pengetahuan teorema pythagoras dalam pemecahan masalah serta tingkat pencapaian kompetensi dengan pembelajaran model ICARE. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan serta diambil 3 siswa dalam mendeskripsikan kontruksi pengetahuan dalam pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test uraian pemecahan masalah, wawancara semi terstruktur.. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran ICARE sangat efektif dalam mencapai ketuntasan kompetensi materi pythagoras dengan 66,7%. Responden 1 mampu mengkontruksi pengetahuan dalam proses pemecahan masalah dengan tahapan aksi, proses, objek dan skema. Responden 2 mampu mengkontruksi pengetahuan sampai tahapan objek. Sementara responden 3 hanya melalui tahapan aksi.

References

Agustini. (2007). Analisis Pemahaman Tentang Himpunan Berdasarkan Teori APOS pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Karangrejo Tulungagung [Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/10044/

Dewi, N. P. R., Ardana, I. M., & Sariyasa, S. (2019). Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762

Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014

Fatimah, A. T., Amam, A., & Effendi, A. (2017). Konstruksi Pengetahuan Trigonometri Kelas X Melalui Geogebra dan LKPD. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 178. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.596

Isa, A. (2012). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 1–1. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1105

Jarnawi, S. &. (2009). Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Http://repository.ut.ac.id/, 4(9), 51–57. https://doi.org/10.18848/1833-1882/cgp/v04i09/51542

Khalil, M., Farooq, R. A., Çakiroglu, E., Khalil, U., & Khan, D. M. (2018). The development of mathematical achievement in analytic geometry of grade-12 students through GeoGebra activities. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1453–1463. https://doi.org/10.29333/ejmste/83681

Mulyono, M. (2011). Teori Apos Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.20961/jmme.v1i1.9924

Purwanto, A. S. (2010). Eksplorasi pemahaman mahasiswa mengenai konsep keterbagian bilangan bulat [Tesis (Pascasarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika]. http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=36360

Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM (Jurnal Nasional …, 4(1), 110–124. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2874

Sinuraya, J., Wahyuni, I., Demonta Panggabean, D., & Tarigan, R. (2019). Optimize use of icare based student worksheet (ICARE-BSW) in physics learning at the introduction level. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012161

Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Teori Kontruktivisme Pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185–200. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6773.185-200

Suryadi, D. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian Dari Sudut Pandang Teori Belajar Dan Teori Didaktik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Di UNP, 1–16.

Tziritas, M. (2011). APOS Theory as a Framework to Study the Conceptual Stages of Related Rates Problems. Analysis, September, 213.

Watson, A., & Editors, M. O. (2009). New ICMI Study Series. https://the-eye.eu/public/Books/Electronic Archive/Baptiste_Lagrange_Mathematics_Education_and_Technology-Rethinking_the_Terrain.pdf#page=316

Widyaiswara, S. F. &. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. P3G Matematika.

Wiyono, K., Setiawan, a, & Paulus, C. T. (2012). Model Multimedia Interaktif Berbasis Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 8(1), 74–82. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI

Yana, Y., & Sari, D. P. (2021). Investigasi Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Era Covid-19. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1), 19. https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8184

Yumiati, Y., & Wahyuningrum, E. (2015). Pembelajaran Icare (Inroduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) Dalam Tutorial Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Ut. Infinity Journal, 4(2), 182. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.81

Zahid, M. Z., & Sujadi, I. (2017). Pembentukan Konsep Faktorisasi Aljabar Siswa Berkemampuan Tinggi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 94–100. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7517

Published

2021-11-30

How to Cite

Sari, D. P., Sastro, G., & Yana, Y. (2021). Analisis Kontruksi Pengetahuan Berdasarkan Teori APOS Materi Teorema Pythagoras Pada Pembelajaran Model ICARE. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 58–68. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.16298

Issue

Section

Articles