Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Limit dan Kekontinuan

Authors

  • Hanifah Hanifah S-1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.16772

Keywords:

Grafik Fungsi, Kekontinuan, Limit, Pemecahan Masalah Tahapan Polya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah (KPM) mahasiswa dalam menyelesaian soal limit dan kekontinuan pada perkuliahan Analisis Real. Penelitian ini berupa penelitian ex post facto, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Subjek sasaran dalam penelitian ini adalah mahasiswa program Pasca Sarjana Pendidikan Matematika FKIP UNIB yang mengambil matakuliah Analisis Real pada semester genap TA 2020/2021 yang berjumlah 13 orang. Instrumen penelitian adalah lembar tes dan lembar acuan analisis KPM menurut tahapan Polya yang terdiri dari : P1 Memahami Masalah; P2 Merencanakan Penyelesaian; P3 Melaksanakan Rencana; P4 Memeriksa Kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai rata-rata hasil KPM mahasiswa = 75,47 dan kualifikasi baik. Nilai rata-rata KPM tiap tahapan Polya adalah: P1 = 88,46 ; P2 = 61,54 ; P3 = 60,15; P4 = 60.00. Artinya umumnya mahasiswa mampu memahami soal dengan kualifikasi sangat baik, namun untuk KPM mahasiswa tahap merencanakan, tahap melaksanakan rencana, dan tahap memeriksa kembali  termasuk kualifikasi cukup.

Author Biography

Hanifah Hanifah, S-1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

References

Bartle, R. G. (2000). Introductions to Real Analysis (2nd ed.). New York: John Wiley & Sons, Inc.

Ekawati, D., Jumarniati. (2018) Implementasi Lesson Study Pada Mata Kuliah Analisis Real Program Studi Pendidikan Matematika. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran e-ISSN : 2623-2340Vol. 1, No. 1,November 2018, hal. 15-22

Ekayanti, A. & Nasyiithoh, H.K. (2018). Profile of Students' Errors in Mathematical Proof Process Viewed from. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 155-166. doi: 10.24042/tadris.v3i2.3109

Hanifah. (2016). Kepraktisan Lembar Kerja Berbasis Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS. Prosiding SEMIRATA Bidang MIPA 2016; BKS-PTN Barat, Palembang 22-24 Mei 2016. ISBN: 978-602-71798-1- 3 http://repository.unib.ac.id/15352/1/KEPRAKTISAN%20LEMBAR%20KERJA%20BERBASIS%20MODEL%20PEMBELAJARAN.pdf

Jafar. (2012). Analisis Real I dan II Sebuah Terjemah dari Sebagian Buku Introductions to Real Analysis Karangan Robert G. Bartle. Komunitas Studi Al Khwarizmi. Unaaha. https://123dok.com/document/ydkwnw6q-analisis-real-i-dan-ii.html

Mawaddah, S., Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model

Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP

EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 2, Oktober

, hlm 166 - 175 166 Siti Mawaddah, Hana Anisah

Perbowo, K. & Pradipta, K. R. (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Real Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 02(1), 88.

Polya, G. (1988). How to Solve it, A New Aspect of Mathematical Method (FirstPrinceton Science ed.). Princeton University Press. http://www.im.ufrj.br/~monica/funcoes/Polya.pdf

Purcell dkk. (2010). Kalkulus Edisi Kesembilan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumargiyani dkk. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus. AlphaMath, 7(1).

Wahyuni, M. (2017). ANALISIS PROBLEMATIKA PERKULIAHAN ANALISIS REAL. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 145.

Widiati, I. & Sthephani, A. (2018). Difficulties analysis of mathematics education students on the. The 6th South East Asia Design Research International Conference (6th SEA-DR IC). Journal of Physics: Conference Series.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Hanifah, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Limit dan Kekontinuan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 69–81. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.16772

Issue

Section

Articles