Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Modul Matematika Dasar Berorientasi HOTS untuk Meningkatkan Resiliensi Matematis

Authors

  • Ade Evi Fatimah STKIP Al Maksum Langkat
  • Husna Lubis STKIP Al Maksum Langkat

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.18221

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Modul, HOTS, Resiliensi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan analisis kebutuhan dalam mengembangkan modul matematika dasar berorientasi HOTS untuk meningkatkan kemampuan resilensi matematis mahasiswa. Penelitian ini adalah bagian dari tahapan penelitian dan pengembangan. Yang menjadi subjek pada penelitian adalah mahasiswa semester satu program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer STKIP Al Maksum Langkat. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dilakukan secara deskriptif guna mendeskripsikan hal-hal yang ditemukan dalam analisis kebutuhan dan persiapan penyusunan modul matematika dasar. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh bahwa mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer STKIP Al Maksum Langkat berasal dari latar belakang sekolah dan juga kemampuan awal yang beragam serta dibutuhkan modul yang dapat memfasilitasi berbagai kemampuan awal tersebut serta dapat mengoptimalkan perkuliahan secara efektif guna mencapai tujuan dan capaian mata kuliah matematika dasar. Disamping itu ketahanan matematika (kemampuan resiliensi matematis) mahasiswa masih tergolong rendah sehingga perlu dilakukan pengembangan modul matematika dasar yang berorientasi pada HOTS untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan resiliensi matematis mahasiswa.

References

Amelia, D., Putri, I. I. P., & Somakim. (2018). Learning material on the linear equation system with two variables (spldv) by using the context of train ticket receipts on viii grade students. Sriwijaya University Learning and Education International Conference, 3(1), 562-568.

Andriani, P. (2010). Pengaruh asal sekolah dan jurusan terhadap hasil belajar pengantar dasar matematika mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 118–133.

Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan antara minat belajar dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP. Numeracy Journal, 5(1), 49-56.

Diana, M., Netriwati, & Fraulein, I. S. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7-13.

Eliza, R. (2020). Hubungan Resiliensi dan Faktor Gender terhadap High Order Thinking Skills Mahasiswa Tadris Matematika PTKIN di Sumbar. Kafa’ah Journal, 10(1), 105-118.

Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika: 356-360. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2010). Developing mathematical resilience. BERA Annual Conference 2010, University of Warwick. http://www.beraconference.co.uk/2010/

Kalpana, R. (2013). Linear programming: Meaning, characteristics, assumption and other details. https://www.businessmanagementideas.com/business-management/linear-programming-meaning-characteristics-assumption-and-other-details/537. Diakses pada 11 September 2021.

Luhandjula, M. K. (2006). Fuzzy stochastic linear programming: Survey and future research directions. European Journal of Operational Research, 174(2006), 1353–1367. doi:10.1016/j.ejor.2005.07.019

Maddi, S. R., & Khoshaba, D. M. (2005). Resilience at Work: How to Succeed No Matter What Life Throws at You. USA: American Management Association.

Marlina, E., & Harahap, E. (2018). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Resiliensi Matematik melalui Pembelajaran Program Linier Berbantuan QM for Windows. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(2), 59-70. Doi: https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4431

Nurhikmayati, I. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 74-85. Doi: http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i1.576

Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49-60.

Pratiwi, P. H., Hidayah, N., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201-209. Doi: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123

Putri, F. M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dasar Layanan Jurusan Non Eksak. FIBONACCI. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 44-52.

Singh, C. K. S., Singh, R. K. A., Singh, T. S. M., Mostafa, N. A., & Mohtar, T. M. T. (2018). Developing a Higher Order Thinking Skills Module for Weak ESL Learners. English Language Teaching, 11(7), 86-100.

Slavin, R. E. (2006). Psikologi Pendidikan. Terjemahan oleh Drs. Marianto Samosir, S.H. 2009. Jakarta: PT. Indeks.

Subamowo, M. G. (2016). On the Extension of Sarrus’ Rule to n×n (n>3) Matrices: Development of New Method for the Computation of the Determinant of 4×4 Matrix. International Journal of Engineering Mathematics, 2016. http://dx.doi.org/10.1155/2016/9382739

Sugandi, A. I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Resiliansi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Generatif. Jurnal Perspektif Pendidikan, 11(2), 67-77.

Suhartono., & Kirana, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran matematika SD Berorientasi HOTS (Higher-Order Thinking Skills). Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 172-178.

Utami, T. N., Agus J., & Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desiman: Jurnal Matematika, 1(2), 165-172.

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah statistika Matematika. Jurnal Mosharafa, 7(1), 85-94.

Published

2021-11-30

How to Cite

Fatimah, A. E., & Lubis, H. (2021). Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Modul Matematika Dasar Berorientasi HOTS untuk Meningkatkan Resiliensi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 104–111. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.18221

Issue

Section

Articles