Implementasi Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Ahmad Taufik Institut Pendidikan Nusantara Global

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.18426

Keywords:

Make a Match, Metakognisi, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran make a match terhadap metakognisi siswa. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah SMPN di Kecamatan Praya kelas VIII tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen tes yang berbentuk soal esay dan angket. Setelah data terkumpul data dianalisi menggunakan rumus ANOVA satu jalan. Dari hasil analisis data, maka dapat dinyatakan bahwa hasil penelitian yaitu metakognisi siswa dengan kriteria tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada metakognisi siswa dengan kriteria sedang dan rendah. Artinya pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran make a match memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap meta kognisi siswa maupun terhadap hasil belajar.

References

Anggraen, A. A., V. P., & Fatkhu R, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education., 3 (2), 218-225.

Ardi, A.& W Ichsani, M. F. (2018). Metacognitive Ability Relationship with Test Result of Senior High School of Biology Teacher Competence in Sijunjung district. ICOMSET,2(3),1-7. doi:10.1088/1757-899X/335/1/012086.

Budiyono. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Jln. Ir. Sutami No 36 A Kentingan, Jawa Tengah, Indonesia: UNS Press.

Faradiba, S. S. (2019). Metacognitive therapy for mathematics disorder. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE2018) (pp. 1-8. doi:10.1088/1742-6596/1157/4/042079). Malang: IOP Publishing.

Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9 (2), 321-334.

Febriana, A. (2011). Application Of Cooperative Learning Model Type Make A Match To Enhance Quality Of Learning Social Studies In Elementary School Students In Grades V Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1 (2), 151-161.

Hrvojevi?, m. P., ž. Obadovi?, d., Cvjeti?anin, s., & Bogdanovi?, i. (2016). Fostering Primary School Students’ Metacognition Using Project-Based Learning. International Conference on Education in Mathematics, Science & Technology (pp. 123-126). The Eurasia Proceedings of Educational & Social Sciences (EPESS)

Kurnia, R. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 3 (1), 34-40.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani. (2018). Metacognitive Skills in Mathematics Problem Solving. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6 (3), 286-295.

Muhlisin, A., Susilo, H., Amin, M., & Rohman, F. (2018). The Effectiveness of RMS Learning Model in Improving Metacognitive Skills on Science Basic Concepts. Journal of Turkish Science Education , 15 (4), 1-14.

Mukarromah, Ristiono, Zulyusri, & Hartanto. (2019). Effect of Make a Match Learning Model Towards Learning Result of Students Cross Interest about Human Reproduction System Material in Social Science Class Grade XI. Bioeducation Journal , 3 (1), 91-100.

Novita, T., & Widada, W. (2018). Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa sma dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , 3 (2), 67-81.

Novira, R., Marwan, & Oknaryana. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X Di Smkn 1 Padang Panjang. EcoGen, 1 (2), 463-472.

Palennar, M., Taiyeb, M., & Saenab, S. (2018). Profile of Students’ Metacognitive Skill Based on Their Learning Style. 2nd International Conference on Statistics, Mathematics, Teaching, and Research. Journal of Physics: Conf. Series 1028 (2018) 012030 doi :10.1088/1742-6596/1028/1/012030.

Riyant, N. N., & Abdullah, M. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. JPGSD, 6 (4), 440-450.

Santoso, P., Sukarno, & Hardianto, M. I. (2018). Implementation Of Cooperative Learning Model Type Make A Match To Improve Concepts Comprehension Of Two Dimentional Figure Character. 1st National Seminar on Elementary Education (SNPD 2018) (pp. 782-787). Surakarta: Social, Humanities, and Education Studies (SHEs)

Schraw, G. & Dennison, R.S. 1994. “Assessing Metacognitive Awareness”. Contemporary Educational Psychology, 19: 460-475.

Sukiyanto. (2020). Munculnya kesadaran metakognisi dalam menyelesaikan masalah matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika , 9 (1), 126-132; DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2654.

Wahyuningsih, P. & Waluya, S.B. 2017. “Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran CMP Berbantuan Onenote Class Notebook”. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1): 1-29.

Published

2021-11-30

How to Cite

Taufik, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 121–130. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.18426

Issue

Section

Articles