Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas X SMA

Authors

  • Laila Dwi Kurnia Universitas PGRI Palembang
  • Dina Octaria Universitas PGRI Palembang
  • Tika Dwi Nopriyanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.18968

Keywords:

Media pembelajaran interaktif, PowerPoint, Relasi dan Fungsi

Abstract

Pengunaan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran matematika merupakan salah satu cara untuk menggambarkan materi matematika agar dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint pada materi relasi dan fungsi yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Penelitian dilakukan di UPT SMA Negeri 12 OKU Timur dan data diperoleh melalui wawancara, angket dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa media powerpoint yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan perolehan persentase kevalidan sebesar 91%, sangat praktis dengan perolehan persentase kepraktisan sebesar 80% dan memiliki efek potensial yang sangat baik terhadap hasil belajar dengan perolehan persentase sebesar 86%.

References

Annisah, S. (2017). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan , 11, 2.

Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia , 05, 17-31.

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Depok: Rajawali Pers.

Cahyadi, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa : Islamic Education Journal , 03.

Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis PowerPoint pada Materi Kerucut. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif , 10, 119-124.

Erik, S., Pamungkas, M. D., Rochmad, & Isnarto. (2021). Teori Behaviour (E. Throndike) dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika , 4, 174-178.

Hamid K, A. (2014). Penerapan Media PowerPoint untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Keguruan , 16.

Karsidi, & Dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Rosdakarya.

Nursidik, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora Inspire Pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas X. Skripsi .

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu - Ilmu Keislaman , 03, 337-338.

Rahman, M., & Mahmud, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Majene. Jurnal Saintifik , 4.

Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft PowerPoint dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Ipteks Terapan Research Of Applied Science and Education , 11, 3.

Published

2022-03-31

How to Cite

Kurnia, L. D., Octaria, D., & Nopriyanti, T. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 84–92. https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.18968

Issue

Section

Articles