Analisis Learning Loss Kemampuan Literasi Statistis Mahasiswa

Authors

  • Ika Noviantari Universitas Borneo Tarakan
  • Faridhoh Faridhoh Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.19104

Keywords:

learning loss, literasi statistis, data

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan learning loss kemampuan literasi statistik mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan 33 mahasiswa angkatan 2019 jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan sebagai sampel. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini menggunakan tes uraian dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi learning loss kemampuan literasi statistis mahasiswa di jurusan Pendidikan Matematika khususnya pada kemampuan memahami data, dan mengkomunikasikan data. Hal ini didukung dengan hasil uji kemampuan literasi statistis mahasiswa yang secara keseluruhan masuk dalam kategori rendah. Hasil dua indikator kemampuan literasi statistis yaitu memahami dan mengkoordinasikan data juga masuk dalam kategori rendah. Learning loss yang dapat diidentifikasi dari kemampuan literasi statistis yaitu sebanyak 28,3% mahasiswa tidak menjawab soal yang diberikan dari indikator menginterpretasikan data yang diberikan, serta 32,58 % dalam mengkomunikasikan hasil olah informasi/data.

Author Biography

Ika Noviantari, Universitas Borneo Tarakan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Adi, P. W., Martono, T., & Sudarno. (2021). Pemicu Kegagalan Pada Pembelajaran di Sekolah Selama Pandemi di Indonesia (Suatu Studi Pustaka). Research and Development Journal of Education, 7(2), 464–473.

Alchamdani, Fatmasari, Anugrah, E. R., Sari, N. P., Putri, F., & Astina. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Online Learning Pocess In the College At Southeast Sulawesi. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 12(1), 129–136.

Andriani, W., M.Subandowo, Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 485–501.

Andriatna, R., Kurniawati, I., & Wulandari, A. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 19–28.

Assiddiqi, D. R., & Soeryanto. (2021). Peluang Menurunnya Capaian Hasil Belajar (Learning Loss) dan Alternatif Solusinya : Kajian Kasus Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19 di Jurusan Teknik Mesin UNESA. JPTM, 10(3), 47–54.

Budi, S., Utama, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3613.

Hafiyusholeh, M. (2015). Literasi Statistis dan Urgensinya Bagi Siswa. Wahana, 64(1), 1–8.

Maryati, I. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Dalam Materi Variabilitas. Pendidikan Matematika, 3(1), 56–67.

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Di SDN Senurus : Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. Journal of Elementary Education, 4(3), 328–336.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. Sage.

MZ, N. N., Kusmanto, H., & Akbar, R. O. (2017). Analisis Tingkat Kemampuan Literasi Statistik Siswa SMA Sederajat Berdasarkan Mutu Sekolah. Posiding I Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati, 33–46.

Pratiwi, W. D. (2021). Dinamika Learning Loss:Guru dan Orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 2715–2634.

Priyambodo, S., & Maryati, I. (2019). Peningklatan Kemampuan Literasi Statistis Melalui Model pembelajaran Berbasis proyek yang Dimodifikasi. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 273–284.

Rumsey, D. J. (2017). Statistical Literacy as a Goal For Introductory Statistic Courses. Journal of Statisties Education, 10(3), 1–12.

Sistiarini, R. D., Ishaq, M., & Sulthoni. (2021). Kajian Konseptual PTM TErbatas dengan PJJ di Lembaga PAUD. Prosiding Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan Dan Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, 73–84.

Skar, G. B. U., Graham, S., & Huebner, A. (2021). Learning Loss During the Covid-19 Pandemic and The Impact of Emergency Remote Instruction on First Grade Students’ Writing: A Natural Experiment. Journal of Educational Psychology, 1(1–14).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.

Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 Melalui Grup WhatsApp? Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 1–25.

Takaria, J., & Talakua, M. (2018). Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Ditinjau dari Kemmapuan Awal Matematika. Jurnal Kependidikan, 2(2), 395–408.

Tiro, M. A., & Nusrang, M. (2016). Eksplorasi Pembelajaran Literasi Statistika Dalam Paradigma Konstruktivisme. Seminar Nasional Matematika Dan Statistika (SEMASTAT), 705–715.

Todd, A., & Romina, W. (2018). The Learning Loss Effect in Genetics:What ideasi Do Students Retain or Lose After Instruction. Life Science Education, 17, 1–12.

Warsiyah. (2021). Strategi Kelompok Kerja Guru (KKG) Untuk Memitigasi Learning Loss Melalui Pembelajaran Terdiferensiasi. Neo-Jer:North Borneo Journal of Educational, 2(1), 1–9.

Published

2021-11-30

How to Cite

Noviantari, I., & Faridhoh, F. (2021). Analisis Learning Loss Kemampuan Literasi Statistis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 112–120. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.19104

Issue

Section

Articles