PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 KEPAHIANG

Erny Erny(1), Saleh Haji(2), Wahyu Widada(3),
(1) , Indonesia
(2) , Indonesia
(3) , Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian guasy eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Kelas X IPA SMAN 1 Kepahiang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas X IPA SMAN 1 Kepahiang dengan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah cluster sampling . Pada penelitian ini kelas X IPA 6 merupakan kelas eksperimen atau kelas yang diberi perlakuan pada pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik dan siswa kelas X IPA 1 merupakan kelas kontrol yang diberi perlakuan pada pembelajaran mateatika dengan pendekatan kontekstual. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar tes kemampuan berpikir tingkat tinggi . Data yang diperoleh dianalisis dengan Anava Mixed Design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran Matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah  berupa meningkatnya rata-rata nilai posttes jika dibandingkan dengan rata-rata nilai pretes sebesar 97,5 % untuk kelas eksperimen , sedangkan 96,9 % untuk kelas kontrol dengan pendekatan kontekstual. Hasil  penelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higt Order Thingking Skills) dengan adanya peningkatan rata-rata nilai posttes yang dibandingkan dengan rata-rata nilai pretes sebesar 97,4 % untuk Kelas eksperimen dan 96,7 % untuk Kelas kontrol dengan pendekatan kontekstual. 


References


Baldwin, A.L. 1967. Theories of Child Development. New York: John Wiley & Sons.

Carin, A.A. & Sund, R.B. 1975. Teaching Science trough Discovery, 3rd Ed. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.

Danim,Sudarwan.2003. Riset Keperawatan. Sejarah dan Metodologi. Jakarta: EGC

Fatmawati,H & Triyanto 2014.Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat.Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 2, No.9, hal 899-910.November 2014. ISSN:2339-1685. http//jurnal.fkip.uns.oc.id

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan SDMPDK dan PMP. Jakarta.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81A Tentang Implementasi Kurikulum. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lewy, dkk.2009. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP X A Verius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3, No. 2. Halaman 14 -28.

Marsigit, 2015. Pendekatan Saintifik dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013. Makalah dipresentasikan pada Workshop Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Sabtu, 31 Oktober 2015 di LPPMY UNY. http://uny.academia.edu/MarsigitHrd

Martinis Yamin. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Pesada Press.

Mulyani,Sri 2014. Pengaruh pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Kota Bengkulu. Tesis Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu.

Munandar,S.Cutami. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kretivitas Anak Sekolah. Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua.Jakarta : PT gramedia Widiasarana Indonesia.

Polya,G .1981.How to Solve It. Princenton University Press. New Jersey Princenton.

Ratih, Mustika 2015. Pengaruh Medel Pembelajaran Core Dengan Strategi REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematika Siswa SMP Negeri 4 Kepahiang. Tesis. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Robert Kiyosaki. 2016. Why “A” Students Work For “C” Students and “B” Student Work For The Government. Pt. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ruggiro,Vincent R.1998. The Art Of Thinking. A.Guide to Critical and Creative Thought. New York : Longman, An Imprint of Addison wesley Longman, Inc.

Siswono. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pengajuan Masalah . Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains”, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.Tahun X, No. 1, Juni 2005. ISSN 1410-1866, hal 1-9.

Siswono. 2009. Meningkatkan kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya.http/www.net/publication/23 Februari 2009 at 12.02 am.

Sugiyono. 2005. Metode penelitian Administrasi. Bandung : CV.Alfabeta.

Suyono. Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Siswono, Tatang Yuli Eko. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal terakreditasi “Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains” FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun X, No.1, Juni 2015. ISSN 1410-1866, hal 1-9.

Ratih, Mustika 2015. Pengaruh Medel Pembelajaran Core Dengan Strategi REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematika Siswa SMP Negeri 4 Kepahiang. Tesis. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.31186/jpmr.v2i1.3088

Article Metrics

 Abstract Views : 74 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia diindeks oleh:

  logo Logo SINTA


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh  https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats