PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMAHAMAN PROSEDURAL MATEMATIKA SISWA MAN 2 KOTA BENGKULU

Authors

  • Susi Afriyeni
  • saleh haji
  • Connie Connie

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3089

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan prosedural. Design pada penelitian ini adalah Nonequipment Control Group Design dengan pretes-postes yang dilakukan dikelas X IPA 1 pada semester 1 Tahun Pelajaran 2016-2017 di MAN 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian  di analisis dengan menggunakan Anava Mix Design. Terdapat pengaruh Model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan prosedural. Kemampuan pemahaman konsep dan pemahaman prosedural yang diajarkan dengan menggunakan model SQ3R lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep  dan pemahaman prosedural yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil kemampuan pemahaman konsep pada kelas kontrol 37,7 % dan kelas eksperimen 86,2 % sedangkan kemampuan pemahaman prosedural pada kelas kontrol 30,8 % dan kelas eksperimen 88,6 %. 

References

Djamilah. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Stategi perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, pendidikan danpenerapan MIPA. Uiversitas negeri Yogyakarta.

Isma Hasanah. (2010). Pengaruh Model Survey, Questin, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Pemahaman Konsep. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

M. Aprilianto. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal STKIP Siliwangi. Vol.1 No. 2.

M. Ridwan (2012). Kompetensi Umum Matematika. Artikel Di terbitkan.

Ngalimun, (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin. Aswaja Pressindo.

Ratna Willis Dahar. (2002). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Erlangga.

Saleh Haji, 2014) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pembelajaran Matematika CONCEPT-RICH . Artikel. Universitas Bengkulu

Published

2016-06-01

How to Cite

Afriyeni, S., haji, saleh, & Connie, C. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMAHAMAN PROSEDURAL MATEMATIKA SISWA MAN 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1). https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3089

Issue

Section

Articles