MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER YANG MEMBUMI DI BUMI PAT PETULAI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP IT RABBI RADHIYYA REJANG LEBONG

Authors

  • Akhirman Akhirman

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3104

Abstract

Model pembelajaran yang membumi di Rejang Lebong memiliki tiga sikel yaitu Peluncuran Masalah yang berbasis Budaya Rejang Lebong, Eksplorasi, dan Penyimpulan. Model pembelajaran matematika tersebut berbasis pendidikan karakter bisa diciptakan  di curup karena sikap dan kepribadian masyarakat Indonesia yang jujur, disiplin, percaya diri, peduli, mandiri, gigih, tegas, bertanggungjawab, kreatif, bersikap kritis, terkenal dengan semboyannya Pat petulai : pat sepakat lemo seperno.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Matematika, Pendidikan Karakter

References

Asiala, Mark; Dubinsky, Ed; Mathews, D.; Morics, Steven; & Oktac, Asuman. 2000. Development of Student’s Understanding of Cosets, Normality, and Quontient Groups. http:www.sciencedirect/science/

Abdul Hakam Kama. 2002. Pendidikan Nilai. Bandung: Value Press

Abdurrahman Syaikh. 1998. Soal-Jawab Masalah Tauhid dan Sendi-Sendi Iman. Jakarta: MUS

Adi Sasono, Saefuddin, dkk. 1998. Solusi Islam atas Problematika Umat. Jakarta: Gema Insani Pers

Arikunto Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Armai, Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pres

Chaedar, Alwasilah. 2002. Pokoknya Kualiatif Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Jaya

Al Rasyidin. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press

Al-Ghazali. 1999. Transedensi ilahi. Surabaya: Pustaka Progressif

Azizy A Qodri. 2004. Membangun Fondasi ekonomi umat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dewi Herawaty dan Wahyu widada. 2005. Kualitas Respon Siswa berbasis Taksonomi SOLO untuk matematika SMP tentang SPL. Laporan Penelitian Mandiri

Herawaty, Dewi. 2003. Pembelajaran Matematika Realistik pokok bahasan Persamaan Linier Satu Variabel di SLTPN 21 Surabaya. Tesis. PPs. UNESA

Kosasih, Djahiri. 2007. Kapita Selekta Pembelajaran. Bandung. Lab PMPKN FPIPS UPI Bandung

Risieri, Frondizi. 2001. Pengantar Filsafat Nilai. Yogyakarta: Pusta Pelajar

Elliot, John. 1993. Action Research for Educational Change. Buckingham: Open University Press.

Fogorty R. 1991. How to Integrate, The Curricula, Palalitne, Illionis:IRI/Skylike Publisher,inc.

Arfin, Hamid. 2007. Hukum Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah) di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia

Halpern, Diene F. (ED) 1992. En Hancing Thinking Skills in the Science and Mathematics. New Jersey: Lawrence Erlbaum Ashers. Associates, publishers.

Irfan Mohammad, Matsuki. 2000. Teologi Pendidikan; Tauhid sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani

Kusnadi. 2000. Pengembangan Pembelajaran Integrasi Nilai-Nilai Tauhid dalam Pembelajaran Geografi. PPS UPI Bandung (Tesis)

Kemp. Jerrold E. 1985. The Instructucional Design Process. New York: Harper & Row Publisher, Inc.

Kemmis, S & Me Taggart, R. 1998. The Action Research Planner. 3 rd ed. Victoria: Deakin University

Minister of Education: Victoria. 1986. Learning Through an Integrated Currriculum: Approuches & Guidelines

Moleong Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mulyana, Rahmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta

Nata Abuddin, dkk. 2002. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Naim, Mochtar. 2001. Kopendium Himpunan Ayat-Ayat Al qur’an yang berkaitan dengan Ekonomi. Padang: Hasanah

Naqvi Syed Nawab Haider.1985. Etika dan Ilmu Ekonomi. Bandung: Mizan

Sofyan Sauri dan Diding Nurdi. 2008. Pengembangan Model Pendidikan Nilai Berbasis sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Laporan Awal Hibah Pasca.

Sumanto. 2004. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMP kelas II tentang Hidorfer dan Atmosfer. Tesis S-2. Unipa Surabaya

Solso. 1995. Cognitive Psychology. New York: McGraw Hill

Treffers. 1991. Realistic mathematics Education in The Netherlands 1980-1990. “Realistic Mathematics Education in Primary School”. Freudenthal Institute. Netherlands

Verschaffel, Lieven; De Corte, Eric. 1997. Teaching realistic Mathematical Modelling in the Elementry School: A Teaching Experiment With Fifth Graders. Dimuat dalam Journal for Research in Mathematics Education. Vol 28. No 5

Wahyu Widada. 2001. Struktur Representasi Pengetahuan Siswa tentang Grafik Fungsi dan Deret tak hingga. Artikel disajikan dalam Seminar nasional Matematika II FMATEMATIKA UNNES Semarang 27 Agustus 2001.

Wahyu Widada. 2002a. Skema Siswa tentang Sketsa Grafik Fungsi. Artikel dimuat dalam Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JPMS) tahun VII No. 3, dan disajikan pada Seminar Nasional Hasil Penelitian MATEMATIKA yang diselenggarakan oleh FMATEMATIKA UNY di Hotel Ambarukmo 28 Oktober 2002.

Wahyu Widada. 2002b. Teori APOS sebagai Suatu Alat Analisis Dekomposisi Genetik terhadap Perkembangan Konsep Matematika Seseorang. Artikel dimuat dalam Journal of Indonesian Mathematical Society (MIHMI) Vol.8 No. 3, setelah disajikan dalam pertemuan ilmiah siswa S3 Matematika dan Pendidikan Matematika seIndonesia & The Indonesian Applied Mathematical Society in The Netherlands (IAMS-N) di P4M ITB 4-5 Juli 2002.

Wahyu Widada. 2002c. Model Interaksi Skema Siswa tentang Permasalahn Grafik Fungsi pada Kalkulus. Artikel dimuat dalam Jurnal Matematika atau Pembelajarannya UM

Malang Tahun VIII Juli 2002, dan disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XI di UM Malang, 22-25 Juli 2005.

Wahyu Widada. 2002d. Sikel Pengajaran ACE: Membantu Siswa dalam proses mengkonstruksi matematika. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional MATEMATIKA UM Malang bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (IMSTEP-JICA) 2 Agustus 2002.

Wahyu Widada. 2002e. Model Interaksi dari beberapa Objek Matematika. Artikel dimuat dalam Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Gentengkali. Vol 4 No.1.2

Widada, Wahyu. 2002. Pendekatan-pendekatan dalam Pembelajaran Matematika. Surabaya: Penerbit Vera

Widada, Wahyu. 2004. Pendekatan Pembelajaran Matematika berbasis Masalah. Surabaya: Unipa Press

Widada, Wahyu. 2005. Kiat meningkatkan kompetensi matematika peserta didik melalui pengembangan skema. Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika.

Downloads

Published

2016-06-01

How to Cite

Akhirman, A. (2016). MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER YANG MEMBUMI DI BUMI PAT PETULAI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP IT RABBI RADHIYYA REJANG LEBONG. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1). https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3104

Issue

Section

Articles