PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI.IPA MAN 1 KOTA BENGKULU

Authors

  • Elsa Susanti

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3105

Abstract

Matematika merupakan bidang studi yang sangat penting. Untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika perlu didukung dengan kemampuan berpikir salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Untuk menumbuhkan  kemampuan ini siswa dituntut aktif dalam pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru adalah model pembelajaran probing-prompting. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan meningkatkan keaktifan atau aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas XI.IPA.5 MAN 1 Kota Bengkulu sebanyak 25 siswa yang dilaksanakan tanggal 11 April - 11Mei 2016. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dan siswa serta tes kemampuan berpikir kritis matematis.  Hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas XI.IPA.5 MAN 1 Kota Bengkulu dapat ditunjukan sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa awal masih  kurang dan hanya 2 orang siswa yang mencapai kategori baik. (2) Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting pada pokok bahasan Turunan Fungsi Aljabar dapat meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru menurun. Rata-rata skor aktivitas guru pada siklus I dan II yaitu 18 dan 17 dengan kategori cukup. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 12 dengan kategori kurang, dan pada siklus II yaitu 18  dengan kategori cukup. (3) pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting pada pokok bahasan Turunan Fungsi Aljabar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan jumlah 2 orang siswa yang berkategori baik pada siklus I menjadi 18 orang siswa yang berkategori baik pada siklus II.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keaktifan guru menurun, sedangkan keaktifan siswa dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting dalam pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan Turunan Fungsi Aljabar. Terbukti dari hasil penelitian dengan tindakan model pembelajaran probing-prompting dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Oleh karena itu diharapkan kepada guru matematika juga dapat menerapkan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir dengan materi pembelajaran yang karakteristiknya sama.

 

Kata-kata kunci: Model Probing-prompting, Turunan Fungsi Aljabar, Berpikir Kritis Matematis. pengembangan skema. Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika.

References

Arikunto, Suhardjono. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Glazer, E. 2001. Using websources to promote critical thinking in high school mathematics

(online). Tersedia:http:/math it/nrism/Aglazer.79-84. Pdf (19 februari 2001)

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Hasanudin, Deden. 2007. Prosiding seminar matematika (Peningkatan kemampuan berpikir

kritis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan open-endeed dalam implementasi lesson study). Bandung:tidak diterbitkan

Jacobsen, David.A, Paul Eggen, dan Donald Kauchak.2009. Methods for teaching (metode metode pengajaran meningkatkan belajar siswa TK-SMA). Yokyakarta : Pustaka Belajar

Sanjaya, Wina. 2005. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta

: Kencana

Soejadi, R.1999/2000. Kiat pendidikan matematika di Indonesia (konstatasi keadaan masa

kini menuju terapan masa depan). Depdiknas

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya

Suherman, H Erman. 1999. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : JICA-UPI

Suyatno. 2009.Menjelajah pembelajaran inovatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pustaka

Winkel. 2009. Psikologi pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi

Winataputra, Udin. 2007. Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta : UT Depdiknas

Downloads

Published

2016-06-01

How to Cite

Susanti, E. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI.IPA MAN 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1). https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3105

Issue

Section

Articles