PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI.IPA MAN 1 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.3105Abstract
Matematika merupakan bidang studi yang sangat penting. Untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika perlu didukung dengan kemampuan berpikir salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Untuk menumbuhkan kemampuan ini siswa dituntut aktif dalam pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru adalah model pembelajaran probing-prompting. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan meningkatkan keaktifan atau aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas XI.IPA.5 MAN 1 Kota Bengkulu sebanyak 25 siswa yang dilaksanakan tanggal 11 April - 11Mei 2016. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dan siswa serta tes kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas XI.IPA.5 MAN 1 Kota Bengkulu dapat ditunjukan sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa awal masih kurang dan hanya 2 orang siswa yang mencapai kategori baik. (2) Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting pada pokok bahasan Turunan Fungsi Aljabar dapat meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru menurun. Rata-rata skor aktivitas guru pada siklus I dan II yaitu 18 dan 17 dengan kategori cukup. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 12 dengan kategori kurang, dan pada siklus II yaitu 18 dengan kategori cukup. (3) pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting pada pokok bahasan Turunan Fungsi Aljabar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan jumlah 2 orang siswa yang berkategori baik pada siklus I menjadi 18 orang siswa yang berkategori baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keaktifan guru menurun, sedangkan keaktifan siswa dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting dalam pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan Turunan Fungsi Aljabar. Terbukti dari hasil penelitian dengan tindakan model pembelajaran probing-prompting dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Oleh karena itu diharapkan kepada guru matematika juga dapat menerapkan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir dengan materi pembelajaran yang karakteristiknya sama.
Kata-kata kunci: Model Probing-prompting, Turunan Fungsi Aljabar, Berpikir Kritis Matematis. pengembangan skema. Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika.
References
Arikunto, Suhardjono. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Glazer, E. 2001. Using websources to promote critical thinking in high school mathematics
(online). Tersedia:http:/math it/nrism/Aglazer.79-84. Pdf (19 februari 2001)
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Hasanudin, Deden. 2007. Prosiding seminar matematika (Peningkatan kemampuan berpikir
kritis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan open-endeed dalam implementasi lesson study). Bandung:tidak diterbitkan
Jacobsen, David.A, Paul Eggen, dan Donald Kauchak.2009. Methods for teaching (metode metode pengajaran meningkatkan belajar siswa TK-SMA). Yokyakarta : Pustaka Belajar
Sanjaya, Wina. 2005. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta
: Kencana
Soejadi, R.1999/2000. Kiat pendidikan matematika di Indonesia (konstatasi keadaan masa
kini menuju terapan masa depan). Depdiknas
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya
Suherman, H Erman. 1999. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : JICA-UPI
Suyatno. 2009.Menjelajah pembelajaran inovatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pustaka
Winkel. 2009. Psikologi pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi
Winataputra, Udin. 2007. Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta : UT Depdiknas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .