PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUBUKLINGGAU

Asria Herda Yanti(1),
(1) Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematika dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang  digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent (pretest-posttest) Control-Group Design yang dilaksanakan pada semester ganji Tahun Pelajaran 2016-2017 di SMP Negeri 2 Lubuklinggau. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Anava dua sisi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sig. > 0,05 artinya kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih baik dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sumbangan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan kemampuan komunikasi sebesar 43% dan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebesar 58% dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

References


Hajriana. 2010. Problem Based Learning (PembelajaranBerbasis Masalah). [online] http://hajrianawarnadunia .blogspot.com/2010/04/ problem-based-learning-pembelajaran.html. [25 Maret 2011].

Sriyanto, 2007.Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.

Suryanto. 2009. MenjelajahPembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pusaka.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widada, W. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontesktual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 22, No. 1, Maret 2015: 31–44. Online akses: ejournal.unesa.ac.id/article/19974/77/article.pdf




DOI: https://doi.org/10.31186/jpmr.v2i2.3696

Article Metrics

 Abstract Views : 22 times
 PDF Downloaded : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia diindeks oleh:

  logo Logo SINTA


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh  https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats