PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STARTEGI GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMKN 3 REJANG LEBONG

Clara Ade Utami(1), Saleh Haji(2), Zamzaili Zamzaili(3),
(1) , Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMKN 3 Rejang Lebong.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi exsperimental)yang dilaksanakan di SMKN 3 Rejang Lebong pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dengan populasi penelitian adalah semua siswa Kelas X SMKN 3 Rejang Lebong dan sampel penelitian ini adalah kelas X FARMASI (Kelas Kontrol) dan kelas X TSM (Kelas Eksperimen). Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Problem Based Learning dengan Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis Karena nilai signifikan kemampuan berpikir kritis pada tabel kecil dari 0,05 maka terima H1, berarti terdapat pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Besarnya pengaruh perlakuan pertama terhadap kemampuan berpikir kritis adalah 52,1%.

 

Kata Kunci:Problem Based Learning, Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis

References


Arends, R. (1997). LearningtoTeach.Penerjemah:HellyPrajitno&SriMulyani.NewYork: McGrawHill Company.

Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi IV. Jakarta: PT. Bumi Aksara

BNSP. (2006). Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMK/MAK. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematika Siswa SD. Tesis PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Haji, S. (2009). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Smp Kota Bengkulu. Makalah pada Seminar Nasional dan Rapat Tahunan Bidang Ilmu MIPA. Universitas Syiah Kuala Darussalam Aceh. 5 Mei 2009.

Maimunah. (2005). Pembelajaran Volume Bola dengan Belajar Kooperatif Model GI pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sabandar, J. (2009). Matematika SMA/MA Kelas XI Program IPA. Jakarta: Bailmu.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wardani, S. (2010). Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: P4TK

Wena, Made. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31186/jpmr.v2i2.3697

Article Metrics

 Abstract Views : 13 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia indexed by:

 


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats