PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Dwi Yanti STKIP PGRI Lubuk Linggau
  • Anna Fauziah STKIP PGRI Lubuk Linggau
  • Drajat Friansah STKIP PGRI Lubuk Linggau

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.3698

Abstract

Masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental Design, yaitu eksperimen yang dianggap sudah baik, karena sudah memenuhi persyaratan eksperimen, yaitu dengan adanya kelompok lain yang tidak mengalami eksperimen yang diamati, sehingga perubahan yang terjadi antara sebelum penelitian dan setelah penelitian benar-benar terlihat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 267 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dengan cara pengundian. Setelah dilakukan pengundian, terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diberikan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang diberikan pengajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes yang berbentuk uraian, kemudian menggunakan nilai Gain ternormalisasi (N-gain). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t semu. Berdasarkan hasil analisis uji-t semu pada taraf  signifikan ? = 0,05, diperoleh thitung  (4,38)  (1,71), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci : kontekstual, Koneksi Matematika

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, A. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Tranferring). Tesis tidak diterbitkan. Bandung. SPS UPI.

Harahap, et.al. 2012. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Kooperatif Tipe STAD di SMP AL-Washliyah 8 Medan. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA Vol. 5. No.2 (hal 186-204).

Johnson, E. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center.

Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAKEM). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tohopi, F.A. 2013. Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika. [online]. kim. ung. ac. id/index.php/KIMFMIPA/article/viewfile/3408/3384.[06 November 2014]

Wahyudin. 2008. Model-model Pembelajaran. Bandung. Tidak diterbitkan

Widada, W. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontesktual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 22, No. 1, Maret 2015: 31–44. Online akses: ejournal.unesa.ac.id/article/19974/77/article.pdf

Published

2017-12-30

How to Cite

Yanti, D., Fauziah, A., & Friansah, D. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2). https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.3698

Issue

Section

Articles