PENGARUH KEYAKINAN DIRI, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (STUDI KAUSALITAS DI MAN I KOTA BENGKULU)

Authors

  • Hakasinawati Hakasinawati Univa
  • Wahyu Widada Universitas Bengkulu
  • Hanifah Hanifah Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.3968

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara keyakinan diri, kemampuan pemahaman konsep, motivasi siswa, terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah siswa Kelas XI IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling), sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus dari Taro Yamane atau Slovin. Instrumen dengan skala likert digunakan dalam pengambilan data. Data dianalisis dengan teknik analisis jalur. Dengan taraf signifikansi 5%, hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh langsung positif secara signifikan antara keyakinan diri , kemampuan pemahaman konsep , motivasi siswa  terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; keyakinan diri ( , kemampuan pemahaman konsep  terhadap motivasi siswa, serta keyakinan diri (  terhadap kemampuan pemahaman konsep.

Kata Kunci: keyakinan diri, kemampuan pemahaman konsep, motivasi siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematika

References

Bandura, Albert. (1994) Self Efficacy. In V.S. Ramachaudran (Ed.) Encyclopedia of Human Behavior (Vol. 4, pp. 71-81). New York: Academic Press. Acces from: http://des.emory.edu/mfp/BanEncy.html [online]

Dewi Herawaty. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Partisipasi Guru dalam Forum Ilmiah, Keyakinan Diri (Self Efficacy), dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Matematika (Studi Kausal di SMP Negeri se-Provinsi Bengkulu). Disertasi Doktor: Universitas Negeri Jakarta

Eddy Izwanto. (2013) Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika.Tesis, Fakultas Magester Matematika ,Universitas Bengkulu.

Kusnadi. (2002). Teori dan Manajemen Konflik. Malang: Taroda.

Nila Kusumawati. (2008).Pemahaman Konsep Matematik Dalam Pembelajaran Matematika,Artikel Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika.

Polya, G. (1970) How to Solve it. New Jersey: Princeton

Riduwan dan Kuncoro. 2006. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Suparno.(2005). Pengaruh Kompetensi,Motivasi Kerja, Dan Kecerdasan Emosional Guru terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Se-Rayon Barat Kabupaten Seragen,Tesis Program Studi Magister Manajemen Pendidikan UMS Surakarta.

Tatag Yuli Eko Siswono dan Whidia Novitasari. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berfikir kreatif siswa melalui pemecahan masalah tipe “What’s Another Way”. Jurnal PGRI Yogja Paper07.

Published

2017-12-16

How to Cite

Hakasinawati, H., Widada, W., & Hanifah, H. (2017). PENGARUH KEYAKINAN DIRI, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (STUDI KAUSALITAS DI MAN I KOTA BENGKULU). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2). https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.3968

Issue

Section

Articles