PETA KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH BERDASARKAN HASIL UKG TAHUN 2015

Eddy Izwanto(1),
(1) , 

Abstract


Studi ini bertujuan:1) menentukan peta kompetensi guru matematika SMP berdasarkan hasil UKG tahun 2015 di Kabupaten Bengkulu Tengah; 2) menghasilkan rumusan rekomendasi strategi kebijakan yang mendalam dan konkret tentang konsep strategi implementasi kerja yang efektif, efisien, produktif, kreatif dan inovatif demi terlaksananya program pembinaan kompetensi dan profesionalitas guru matematika SMP di Kabupaten Bengkulu Tengah. Dengan jumlah total guru matematika SMP di Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 61 orang. Luaran dari penelitian ini adalah pemetaan penguasaan kompetensi guru dan identifikasi kelemahan guru matematika SMP di kabupaten Bengkulu Tengah dalam penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional, serta rumusan rekomendasi kepada pengambil kebijakan tentang strategi kebijakan yang mendalam dan konkret tentang konsep strategi implementasi kerja yang efektif, efisien, produktif, kreatif dan inovatif demi terlaksananya program pembinaan kompetensi dan profesionalitas guru matematika SMP di Kabupaten Bengkulu Tengah.

 

 

Kata Kunci: Pemetaan, Kompetensi Guru, dan Model Implementasi

References


Alwi,S.(2000). Manajemen Sumberdaya Manusia:Strategi keunggulan kompetitif. Yogyakarta: BPFE.

Ambar Triwidiastuti. 2015. Profesionalisem Guru ditinjau dari Motivasi dan Pemenuhan Jam Mengajar Guru SMP di Kabupaten Karanganyar. Naskah Publikasi, Prodi Pendidikan Akuntansi, FKIP. Universitas Muhammadiah Surakarta.

Farikha Andalusi. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMK Muhammadiah Delanggu. Naskah Publikasi, FKIP, Universitas Muhammadiah Surakarta.

Karyadi. 2014. Pengaruh pengalaman mengajar dan Jenjang Pendidikan pendidik terhadap kemampuan mengajar di Sekolah (Studi Kasus Pada SMKSMART Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi). Artikel. STKIP Panca Sakti Bekasi.

Kemendikbud. 2012. Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kemendikbud.

Nursalam. 2011. Manajemen Keperawatan Edisi 3. Salemba Medika: Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57, tahun 2012, Tentang UKG.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39, tahun 2009, Tentang pemenuhan beban kerja Guru dan pengawas satuan pendidikan.

Peraturan Pemerintah RI N0. 19, tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto. 1994. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT. Remaja Rodakarya: Bandung.

Rakyat Bengkulu. 2015. Hasil UKG Rendah.Harian Rakyat Bengkulu, 19 November 2015

Riduwan dan Kuncoro. 2006. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31186/jpmr.v1i2.4008

Article Metrics

 Abstract Views : 21 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia indexed by:

 


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats