MENGGESER BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MODIFIKASI – APOS (M-APOS) DI SMA NEGERI 2 BENGKULU SELATAN

Authors

  • Arpan Arpan

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v1i2.4011

Abstract

Makalah ini menyajikan hasil penerapan model pembelajaran Modifikasi-APOS (M-APOS) pada mata pelajaran Matematika di SMA untuk mengatasi mengubah budaya belajar siswa yang berorientasi pada hasil (atau) nilai,menuju keorientasi pemahaman konsep. Modifikasi-APOS adalah suatu pengembangan dari teori APOS (action, process, object dan schema) yang merupakan konstruksi mental yang terbentuk bila seseorang sedang mempelajari suatu konsep matematika. Pelaksanaan teori APOS ini menggunakan siklus ADL (aktivitas, diskusi kelas, latihan). Pada fase aktivitas pada teori APOS yang dilaksanakan di laboratorium komputer dimodifikasi dengan pelaksanaan tugas terbimbing di luar laboratorium komputer, sedangkan fase lain dari APOS di dalam kelas yang diharapkan akan terbentuk suatu skema yang matang bagi siswa yang belajar. Model pembelajaran ini dinamakan model pembelajaran Modifikasi-APOS (M-APOS) dan siklusnya disebut siklus ADL(aktivitas, diskusi kelas, latihan).

 

Kata Kunci : Budaya belajar, Model pembelajaran M-APOS, Siklus ADL

References

Aminulhayat, 2005. Matematika untuk SMA / MA Kelas X. Bandung : CV. Regina.

Elah Nurlaelah, 2010. Kajian Hasil-hasil Penelitian yang Berkaitan dengan teori

APOS dan Kreativitas Matematika. Bandung : UPI

Elah Nurlaelah & Utari Sumarmo, 2011. Implementasi Model Pembelajaran APOS dan Modifikasi-APOS pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. UPI

Hermann Maier, 1995. Kompedium Dedaktik Matematika. Bandung :

PT. Remaja Rosdakarya.

Russeffendi, E.T, (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan

Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk CBSA. Bandunng:

Tarsito.S

Tall, David, 2002. Advanced Mathematical Thingking. New York :

University of Warwick.

Wahyu Widada, 2004. Dekomposisi Genetik (Teori APOS pada Pembelajaran

Kalkulus). Jurnal Inspirasi Bengkulu

Published

2016-12-16

How to Cite

Arpan, A. (2016). MENGGESER BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MODIFIKASI – APOS (M-APOS) DI SMA NEGERI 2 BENGKULU SELATAN. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2). https://doi.org/10.33369/jpmr.v1i2.4011

Issue

Section

Articles