PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SELF REGULATED LEARNING IN MATHEMATICS BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 2 BENGKULU

Novia Ayu Lestari(1), Wahyu Widada(2), Zamzaili Zamzaili(3),
(1) , 
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Self Regulated Learning in Mathematics berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan subjek penelitian siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini yaitu Kelas XI MIPA B untuk eksperimen  dan Kelas XI MIPA D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket untuk mengetahui kemampuan metakognitif. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis ujicoba instrumen dan analisis uji hipotesis. Analisis uji hipotesis penelitian menggunakan anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Self Regulated Learning in Mathematics berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan metakognitif. Besar pengaruh strategi pembelajaran Self Regulated Learning in Mathematics berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan metakognitif siswa sebesar 31,8%.

­

Kata Kunci:  Self Regulated Learning in Mathematics, pemecahan masalah, kemampuan Metakognitif


References


Aisyah, N. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD : Program Peningkatan Kualifikasi Akademik S1 PGSD Melalui Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Berbasis ICT (Bahan ajar cetak). Jakarta : Direktorat Jenderal Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Agusta & Djukri. 2017.The Development And Implementation Of Biology Teaching Kits Using Self Regulated Learning (SRL) Strategies.Tersedia pada https://journal.uny.ac.id/idex.php/cp/article/view/7335 diakses pada 5 September 2017

Arthur, L.B (2008). Problem Solving. U.S: Wikimedia Foundation, Inc [online]. Tersedia http://enwikipedia.org/wiki/ProblemSolving . Diakses tanggal : 5 September 2017.

Biryukov, P.(2003). Metacognitive aspects of solving combinatorics problems.Tersedia pada : www.cimt.playmouth.ac.uk/ journal/biryukov.pdf. Diakses tanggal: 5 September 2107.

Flavell, J. H. 1987. Speculations about the nature and development of metacognition. In F. E. Weinert & R. H. Kluwe (Eds.), Metacognition, Motivation, and Understanding (pp. 21-29). Hillside, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Guntara, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sepang. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD,2 (1)

Herawaty, D. 2017. Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Artikel dimuat: Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 2 No. 1 Tahun 2017

Kaune, et al. 2011. Development of Metacognitive and Discursive Activities in Indonesia Maths Teaching. Journal of Mathematics Education. Page 15-40. Journals.

Livingston, J. A. (1997). Metacognition: An overview. Retrieved August 2010 from: http://gse.buffalo.edu/fas/shuell/CEP564/Metacog.html. Diakses 22 Juli 2017

Mulbar, Usman 2008. Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah. Tersedia pada http://www.usmanmulbar.files.wordpress.com. Diakses 22 Juli 2017

Pintrich. 1995. Promotion of Self Regulated Learning. https://dwb.unl.edu/Book?CH09/Chapter09w.html. Diakses 10 September 2017.

Rahmawati, Kiki Dewi. 2015. Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan PLSV Kelas VII-A SMP Negeri 3 Jember.Skripsi.Universitas Jember.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media

Tim MKPBM.2001. Strategi Pembeljaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Widada, W. 2015. Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Artikel dimuat dalam: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 22, No. 1, Maret 2015: 31–44

Zimmerman, B. J & Schunk, D. H (1989) (Eds). Self Regulation Learning and academis achievement: Theory, researah, and practice. New York : Springer-Verlag




DOI: https://doi.org/10.31186/jpmr.v2i2.4013

Article Metrics

 Abstract Views : 55 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia indexed by:

 


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats