PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS DI MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Arie Mulyani
  • Hartanto Hartanto
  • Zamzaili Zamzaili

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.4086

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis di Madrasah Aliyah. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan subjek penelitian siswa Kelas X MA Negeri 1 Kota Bengkulu.Sampel yang dipilih dalam penelitian ini yaitu Kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 39 orang. Kelas eksperimen diberikan pembelaran model CMP dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan instrumen dalam yang terdiri dari tes kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis berbentuk soal uraian. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis ujicoba instrumen dan analisis uji hipotesis. Analisis uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, uji anova, dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa antara model Connected Mathematics Project dan pembelajaran konvensional. (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan awal penalaran antara model Connected Mathematics Project dan pembelajaran konvensional. (3) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara model Connected Mathematics Project dan pembelajaran konvensional. (4) terdapat perbedaan kemampuan penalaran antara model Connected Mathematics Project dan pembelajaran konvensional. (5) terdapat pengaruh model Connected Mathematics Project terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (6) terdapat pengaruh model Connected Mathematics Project  terhadap kemampuan penalaran matematis.

Kata Kunci: Model Connected Mathematics Project, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Penalaran Matematis

References

Anas Sudijono. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Anisa. 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis malalui Model Pembelajaran Connected Mathematics Project di Kelas VIII SMP N 3 Kota Bengkulu. Skripsi.Tidak dipublikasikan.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Aulya, R.N. ( 2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH (Course, Review, Huray) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kecemasan Matematika Siswa SMP. Tesis PPs UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Cheung, K. C. (2012). Conceptualization of The PISA Mathematical Literacy Proficiency Scale: A Validation of Its Cognitive Components. Disajikan pada The East Asia Forum on Mathematics Competence and Their Assessment, 10-11 Mei 2012, East China Normal University, Shanghai.

NCTM. 2000. Principles and Standard for School Mathematics. Reston: NCTM

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Widada, W. (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 1 No. 2 Desember 2016.

Widada, W. (2004) Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya. Unipa Press.

Yulia, Winda. (2012). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Skripsi UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Published

2017-06-10

How to Cite

Mulyani, A., Hartanto, H., & Zamzaili, Z. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1). https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i1.4086

Issue

Section

Articles