Peta Kompetensi Guru Matematika SMP (Studi di Kota Bengkulu)

Dewi Herawaty(1),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Profil Guru Matematika Jenjang SMP di Kota Bengkulu.  Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan menerapkan pendekatan survei; Populasi penelitian ini adalah seluruh guru matematika jenjang SMP di Kota Bengkulu. Adapun jumlah total guru matematika jenjang SMP di Kota Bengkulu adalah 103 orang, dengan sampel penelitian 30 orang guru yang diambil dengan random sederhana. luaran dari penelitian ini adalah rekomendasi kepada pengambil kebijakan tentang peningakatan kompetensi guru matematika di Kota Bengkulu, buku profil dan peta kompetensi guru matematika di Kota Bengkulu, artikel tentang profil dan kompetensi guru matematika SMP di Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Profil guru matematika SMP Kota Bengkulu adalah 94% guru matematika berpendidikan sarjana, 94% guru matematika telah bersertifikat profesi, untuk Diklat, Worksop, dan/atau Pelatihan yang Pernah Diikuti Guru Matematika didominasi diklat penerapan K-13, mayoritas masa kerja guru matematika berada pada kisaran 14-16 tahun, untuk profil prestasi guru matematika didominasi oleh Lomba Karya Tulis PTK, dan tidak ada guru matematika yang menulis artikel yang dimuat dalam jurnal nasional, dan hanya 16,67% guru matematika yang menulis diktat untuk siswa.

Kata Kunci: Profil Guru, Guru Matematika

References


Frans Masse Pakpahan. 2011. Pengaruh Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Jabatan terhadap Kinerja dan Kesejahteraan Guru di Provinsi Jawa Barat. Artikel Disertasi: PPs Doktor dalam Bidang Manajemen Pendidikan Pada Universitas Islam Nusantara.

http://www.google.co.id/#q=sertifikasi+guru+dan+profesionalisme+guru&hl=id

I Wayan Santyasa (2009) Dimensi-dimensi Teoretis Peningkatan Profesionalisme Guru. Artikel Ilmiah: Diakses dari http://staipuimajalengka.files.wordpress.com/2009/09/dimensi-teoritis-profesionalis-guru.pdf

Istamar Syamsuri. 2010. PENINGKATAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA BIDANG MIPA. UM Malang: Artikel Ilmiah.

Lita Latiana (2011) Peran Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. Artikel: FIP Unnes Semarang.

Palupi Baruningsih ( 2011) Pengaruh sertifikasi profesi guru terhadap kinerja guru akuntansi di SMK Se-Kabupaten Sragen. Artikel Ilmiah: Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.31186/jpmr.v1i2.4254

Article Metrics

 Abstract Views : 18 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia indexed by:

 


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats