Pengaruh Model Pembelajaran Extended Triad Level ++ Terhadap Kemampuan Konjektur Pada Analisis Real Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Authors

  • Maliyo Junizon
  • Wahyu Widada Universitas Bengkulu
  • Nirwana Nirwana

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.4257

Abstract

Artikel ini memaparkan hasil Penelitian tentang pengaruh model pembelajaran extended triad level ++ dan self efficacy terhadap kemampuan konjektur mahasiswa pada Analisis real di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jenis Penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Bengkulu pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester V. Terdapat dua kelas penelitian yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran extended triad level ++ dan self efficacy terhadap kemampuan konjektur dengan nilai probabilitas p < 0,05. Selain itu, berdasarkan nilai rsquare model pembelajaran extended triad level ++ dan self efficacy memberikan pengaruh sebesar 26,9% terhadap kemampuan konjektur dan menunjukkan kemampuan konjektur mahasiswa yang diajar melalui model pembelajaran Extended Triad Level ++ lebih baik dari pada mahasiswa yang diajar menggunakan model konvensional.

 

 

Kata Kunci: Model pembelajaran Extended Triad Level ++,Self Efficacy, kemampuan konjektur

References

Dickerson, D. S. (2008). High School Mathematics Teachers’Understandings of the Purposes of Mathematical Proof, Disertasi pada Syracuse University

Elah Nurlaelah & Utari Sumarmo, 2010. Matematika. Kajian Hasil-hasil Penelitian yang Berkaitan dengan teori APOS dan Kreativitas Bandung : UPI

Herawaty, D. 2017. Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Artikel dimuat: Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 2 No. 1 Tahun 2017

Julan Hernadi. 2008. Motode Pembuktian Dalam Matematika.Yogyakarta :UAD

Kadir dkk (2008) Contoh-contoh teknik pembuktian dalam matematika, UPI

Kurnia Eka Lestari (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Unma Banten No. 17 Vol. 1 September 2015

Ika Yuniawati. ( ) hubungan self efficacy mahasiswa terhadap hasil belajar matematika pada penerapan model students teams achievement division (stad) dan model investigasi kelompok (ik) . Prodi Teknik Informatika. politeknik negeri banyuwangi

Lenny. 2015. Pola Pembelajaran Konvensional. Diakses Dari: http:// lenny lennoy.blogspot.com/2015/04/pola-pembelajaran-konvensional_21. html [06 Agustus 2015].

Romi Kurniawan (2011) Pengaruh Self-efficacy dan motivasi belajar mahasiswa terhadap kemandirian belajar mata kuliah analisis laporan keuangan pada mahasiswa program studi pendidikan akutansi angkatan 2008. Fakultas ilmu social dan ekonomi , UNY

Risnanosanti. (2015). Self Efficacy mahasiswa terhadap matematika dan pembelajaran berbasis kegiatan lesson study. FKIP Matematik.UMB

Widada, W. (2006) Kiat Meningkatkan Kompetensi Matematika MelaluiPengembangan Skema Matematis. Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Widada, W. (2010) Pengembangan Lanjutan Teori dan model Pembelajaran Matematika Berbasis Extended Level Triad++ untuk Mahasiswa Teori Graph. Laporan Hasil Penelitian Hibah Penelitian Kompetensi Tahun Anggaran 2010. Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2011) Penelitian Pendidikan Matematika. Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2011) Materi Kajian Psikologi Kognitif Pendidikan Matematika. Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2011) Model Pembelajaran Berbasis Extended Level Triad ++ Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2012) Kumpilasi/Kumpulan Artikel Proses Berpikir dan Proses Kognitif dalam Pembelajaran Matematika , Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2012) Model Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Matematika yang Membumi, Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 1 No. 2 Desember 2016

Published

2017-12-16

How to Cite

Junizon, M., Widada, W., & Nirwana, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Extended Triad Level ++ Terhadap Kemampuan Konjektur Pada Analisis Real Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2). https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.4257

Issue

Section

Articles