PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Debra Pratama Sakti
  • Hartanto Hartanto
  • I Wayan Dharmayana

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.4430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis Penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental yang dilaksanakan di SMK N 1 Bengkulu Tengah pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas X dan sampel penelitian adalah Kelas X-ATP 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X-ATP 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan open-ended yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dengan nilai probabilitas (p) kemampuan berpikir kritis matematis siswa  p < 0,05. Selain itu, berdasarkan nilai rsquare pendekatan open-ended memberikan pengaruh sebesar 30,8% terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Kata Kunci:               Pendekatan Open-Ended, Berpikir Kritis

References

Fahrurrozi. 2015. Pengaruh Pembelajaran Open Ended Berbasis Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa. Beta Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No.1 Mei 2015. Hal. 16-32.

Happy, Nurina. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kasihan Bantul Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika UNY.

Hartanto. 2009. Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Aplikasi Matematika Siswa Pada Pembelajaran Open Ended Dengan Konvensional Di Sekolah Menengah Pertama. Universitas Pendidikan Indonesia. Disertasi (Tidak Diterbitkan). Bandung: Program Pascasarjana Pendidikan Matematika UPI.

Herawaty, D. & Rusdi (2016). Increased Capacity of the Understanding of the Concept and the Ability to Solve Problems through the Implementation of the Model of Teaching Mathematics Realistic Based on Cognitive Conflict Students. Infinity, 5 (2), 109-120

Koriyah, Vivi Nur dan Idris Harta. 2015. Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 Juni 2015. Hal 95-105.

Lenny. 2015. Pola Pembelajaran Konvensional.(http://lennylennoy.blogspot.com/ 2015/04/pola-pembelajaran-konvensional_21.html), Diunduh Tanggal 6 Agustus 2015.

Ramdani, Yani. 2013. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMU dan Aliyah Melalui Pembelajaran Open Ended. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Bandung.

Suherman, Herman, Turmudi, Didi Suryadi, Tatang Herman, Suhendra, Sufyani Purbawanto, Nurjanah dan Ade Rohayati, 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matematika. Diktat Perkuliahan FKIP, UPI. Bandung: Tidak diterbitkan

Wahyono, Budi. 2013. Karakteristik dan Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran Konvensional. (http://www.pendidikanekonomi.com/2013/06/karakteristik -dan-prosedur-pelaksanaan.html). Diunduh Tanggal 26 Mei 2015

Widada, W. & Herawaty, D. (2017). Realistic Mathematics Learning Based on Bengkulu Ethnomatematics to Increase Cognitive Level. Bengkulu International Conference on Science and Education, 14-15 Desember 2017.

Widada, W. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 22, No. 1, Maret 2015: 31–44

Widada, W. (2016a). Profile of Cognitive Structure of Students in Understanding the Concept of Real Analysis. Infinity, 5 (2), 83-98.

Widada, W. (2016b). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 1 No. 2 Desember 2016, 163-172.

Widada, W. (2017). Beberapa Dekomposisi Genetik Siswa dalam Memahami Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 2 No. 1 Tahun 2017, 30-45.

Published

2017-12-16

How to Cite

Sakti, D. P., Hartanto, H., & Dharmayana, I. W. (2017). PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2). https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.4430

Issue

Section

Articles