Komparasi hasil belajar geometri pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dilengkapi aplikasi swishmax, pembelajaran kooperatif tanpa swishmax, dan model pembelajaran konvensional

Authors

  • Sahrir Sahrir Universitas Pattimura Ambon
  • Tanwey Gerson Ratumanan Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i1.5794

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Swishmax

Abstract

Penelitian ini diarahkan untuk mengkaji penerapan pembelajaran kooperatif yang dilengkapi dengan aplikasi Swishmax. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Ambon, dengan menggunakan jenis penelitian quasi experimental. Kelas pertama dijadikan kelas eksperimen 1, menggunakan model pembelajaran kooperatif dilengkapi dengan aplikasi Swishmax. Kelas kedua dijadikan kelas eksperimen 2, menggunakan model pembelajaran kooperatif tanpa aplikasi Swishmax. Kelas ketiga dijadikan kelas kontrol, menggunakan pembelajaran konvensional. Data berupa hasil tes, dianalisis menggunakan uji Analisis Varians Satu Jalur yang dilanjutkan dengan uji Tukey’s HSD. Dari analisis tersebut diperoleh: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Geometri yang signifikan antara kelas yang menggunakan aplikasi swishmax berbantuan model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran kooperatif tanpa aplikasi swishmax dan model pembelajaran konvensional; dan (2) Hasil belajar Geometri siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif berbantuan aplikasi Swishmax lebih tinggi dari kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tanpa aplikasi Swishmax dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

References

Ali, H. M. H., & Muhlisarini. (2014). Perencanaan dan pembelajaran matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Farahsanti, I., & Exacta, A. P. (2016). Pendekatan pembelajaran metakognitif dengan media flash swishmax pada pembelajaran matematika SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2(2). DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.205

Ratumanan, T. G. (2016). Inovasi pembelajaran. Bandung: Bandung: Alfabeta.

Ratumanan, T. G. (2015). Belajar dan pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Surabaya: Unesa University Press.

Ratumanan, T. G., & Laurens. (2015). Penilaian hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan. Yogyakarta: Pensil Kumanika.

Sardiman. (2009). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sardiman. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, A. A., & Afghohani. (2015). Penggunaan flas swishmax sebagai media pembelajaran statistika matematika. Journal Magistra, XXVII (94)

Downloads

Published

2018-06-01

How to Cite

Sahrir, S., & Ratumanan, T. G. (2018). Komparasi hasil belajar geometri pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dilengkapi aplikasi swishmax, pembelajaran kooperatif tanpa swishmax, dan model pembelajaran konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i1.5794

Issue

Section

Articles