Kemampuan pemecahan masalah open ended peserta didik sekolah negeri dan swasta dalam pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu

Authors

  • Dwi Yanti Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
  • Wahyu Widada Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
  • Zamzaili Zamzaili Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i1.6284

Keywords:

Pemecahan Masalah, Open Ended, RME, Etnomatematika, Problem Solving

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah open ended antara siswa sekolah negeri dan swasta yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu. Rancangan penelitian ini adalah postes pretest desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 2 Kota Bengkulu dan SMA IT Iqra Bengkulu, dengan sampel 74 siswa Kelas XI MIPA-A dan MIPA-C untuk SMA N 2 Bengkulu, dan untuk siswa SMA IT Iqra Bngkulu sebanyak 47 siswa kelas XI.IPA.1 dan XI.IPA.2. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tidak terdapat perbedaan rerata kemampuan pemecahan masalah open ended  peserta didik sekolah negeri dan sekolah swasta yang diajarkan dengan pendekatan realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu. Dengan nilai statistik Parameter Estimates t = - 0, 673 dan angka signifikansi 0,504 > 0,05.

 

Abstract

The purpose of this study was to look at the differences in open ended problem solving skills between public and private school students taught with the approach of realistic ethnomatematic oriented Bengkulu mathematics learning. The design of this study was a posttest pretest design. The population of this study were all students of SMA N 2 Bengkulu City and Iqra Bengkulu High School, with a sample of 74 students of Class XI MIPA-A and MIPA-C for SMA N 2 Bengkulu, and for Iqra Bngkulu High School IT students as many as 47 students in class XI. .1 and XI.IPA.2. The results of this study are that there is no difference in the mean open ended problem-solving ability of public and private school students taught by the realistic approach oriented Bengkulu ethnomatematics. With the statistical value Parameter Estimates t = - 0, 673 and the significance number 0.504> 0.05.

References

Amala, M. A. (2016). Profil proses matematisasi horizontal dan vertikal siswa smp dalam menyelesaikan masalah kontekstual pecahan ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa, 3(5).

Clements, D. H. (2001). Mathematics in the preschooler. Teaching Children Mathematics.

D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context problems in realistic mathematics education: A calculus course as an example. Educational studies in mathematics, 39(1-3), 111-129.

Herawaty, D. (2017). Peningkatan kompetensi siswa SMP di Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran matematika (MPM-SMP). 2(1). 46-64.

Hoseana. (2012). Sukses juara olimpiade matematika. Jakarta: PT Grasindo.

IEA. (2015). TIMSS internasional result in mathematics. TIMSS & PIRLS. Internasional Study Center.

Lubis, A. N. M. T., & Yanti, D. (2018). Identifikasi etnomatematika batik besurek bengkulu sebagai media dan alat peraga penyampaian konsep kekongruenan dan kesebangunan. Wahana Didaktika, 16(3).

Marsigit. (2016). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2016 STKIP PGRI Sumatera Barat dengan Tema Etnomatematika, Matematika dalam Perspektif Sosial dan Budaya. 16 April 2016. Padang. Indonesia.

Monaghan, J., Trouche, L., & Borwein, J. M. (2016). Tools and mathematics. Berlin: Springer International Publishing.

OECD. (2016). PISA 2015 result in focus. OECD Publishing.

Prihasatri, EB. (2015). Pemanfaatan etnomatematik melalui permainan engklek sebagai sumber belajar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. (1) (2) : 155-162.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes.

Shirley, L. (2001). Ethnomathematics as a fundamental of instructional methodology. ZDM, 33(3), 85-87.

Sidabutar, N. D., & Manoy, J. T. (2016). Profil pemecahan masalah matematika open-ended dengan tahap creative problem solving (CPS) ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5).

Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2014). Realistic mathematics education. In Encyclopedia of mathematics education (pp. 521-525). Springer Netherlands.

Wahyudin. (2008). Model-model pembelajaran. Bandung. Tidak diterbitkan

Widada, W, & Herawaty, D (2017). Realistic mathematics learning based on bengkulu ethnomatematics to increase cognitive level. Bengkulu International conference on science and education, 14-15 desember 2017.

Widada, W., Herawaty, D., Yanti, D.,Izawati, D. (2018). The students’mathematical communication ability in learning ethnomathematics-oriented realistic mathematics. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(9), 881-884.

Widada, W. (2016). Sintaks model pembelajaran matematika berdasarkan perkembangan kognitif peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2). 163-172

Yanti, D., Fauziah, A., & Friansah, D. (2017). Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2).

Yanti. D, (2017). Identifikasi etnomatematika rumah adat Bubungan Lima di Bengkulu. Proceeding conference on mathematics, Science, and Education (COMSE 2017). Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu, 21-23 Desember 2017.

Yanti. D, Widada.W, & Fachruddin.M.S. (2018). Implementation of lesson study to increase of mathematical problem solving ability and mathematical communication ability for students teacher prospective of mathematics education semester III University of Bengkulu. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(1), 2001-2006.

Downloads

Published

2018-06-10

How to Cite

Yanti, D., Widada, W., & Zamzaili, Z. (2018). Kemampuan pemecahan masalah open ended peserta didik sekolah negeri dan swasta dalam pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i1.6284

Issue

Section

Articles