Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa SMA dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika Rejang Lebong

Novita Tanti(1), Wahyu Widada(2), Saleh Haji(3),
(1) , Indonesia
(2) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa SMA dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika rejang lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metakognisi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Rejang Lebong tentang pemecahan masalah matematika dengan subjek tingkat kognitif tinggi sudah berfikir metakognitif, dapat membuat perencanaan, memonitor dan mengevaluasi proses berfikirnya dalam pemecahan masalah matematika. subjek tingkat kognitif sedang sudah berfikir metakognitif dalam membuat perencanaan, memonitor tetapi belum tepat dalam  mengevaluasi proses berfikirnya dalam proses komunikasi matematis. Subjek tingkat kognitif rendah sudah berfikir metakognitif dalam membuat perencanaan tetapi tidak dapat memonitor dan mengevaluasi proses berfikirnya dalam proses komunikasi matematis.


Keywords


metakognisi; pemecahan masalah matematika; etnomatematika

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Blakey, E. & Spence, S. (1990). Developing metacognition in ERIC Digest, https://www.ericdigests.org/pre-9218/developing.htm. (diakses tanggal 26 Februari 2018)

Cahdriyana, R. A. (2016). Pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. AdMathEdu, 6(2).

Flavell, J.H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring, a new area of cognitive-developmental inquiry. American Psychologist.

Herawaty, D. (2017). Peningkatan kompetensi siswa SMP di Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 2(1). 46-64.

Huitt, W. G. (1997). Metacognition. Available: http://www.edpsycinteractive.org/topics/cognition/metacogn.html.

Laksono, A. R. (2008). Pemecahan Masalah pada wanita sebagai orang tua tunggal. Skripi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/3737/2/F100040121.pdf. (diakses 02 Maret 2018).

Lestari, Y. D. (2012). Metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Skripsi. Surabaya: Unesa University Press.

Lidinillah. (2008). Strategi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10, 1-5.

Livingston, J. A. (1997). Metacognition: an overview. http://gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/metacog.html.

NCREL. (1995). Metacognition in Strategic Teaching and Reading Project Guidebook, http://homepage.uibk.ac.at/~c62552/2008ss/metacognition.pdf.

Ozsoy, G. 2011. An investigation of the relationship between metacognition and mathematics achievement. Asia Pacific Education Review. 12(2), 227—235.

Pierce, W. (2003). Metacognition: Study strategies, monitoring, and motivation. A greatly expanded text version of a workshop presented November 17, 2004, at Prince George's Community Colleg. http://academic.pg.cc.md.us/~wpeirce/MCCCTR/metacognition.htm.

Polya, G. (1981). How to solve it. Princenton University Press. New Jersey Princenton.

Syaiful. (2011). Metakognisi siswa dalam pembelajaran matematika realistik di sekolah menengah pertama. Edumatica 1(2)

Widada, W. & Herawaty, D. (2017). Realistic mathematics learning based on Bengkulu Ethnomatematics to Increase Cognitive Level. Bengkulu International Conference on Science and Education, 14-15 Desember 2017.

Widada, W. (2016). Sintaks model pembelajaran matematika berdasarkan perkembangan kognitif peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2). 163-172

Wikipedia. (2017). Kabupaten Rejang Lebong. https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Rejang_Lebong.

Woolfolk, A. (2005). Education psychology ninth edition. United States of America : Pearson Education.

Yurmawita. (2017). Metakognisi siswa tentang pemecahan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender dan struktur kognitif pada kelas unggul MAN 2 Kota Bengkulu. Tesis. Bengkulu: UNIB.




DOI: https://doi.org/10.31186/jpmr.v3i1.6286

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 FULLTEXT PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia indexed by:

 


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats