Penerapan Model SRP untuk Meningkatkan Kemampuan Membuktikan dan Kemampuan Representasi Matematis

Dodi Isran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar analisis real berbasis model struktur refresentasi pengetahuan mahasiswa pendidikan matematika (Extended Triad Level ++) yang valid, praktis dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan membuktikan dan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini juga melihat pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasisi Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berdasarkan pengembangan Plomp. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Buku Ajar, Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), Rencana Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Matematika (S1) Universitas Bengkulu dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu semester VI. Dengan hasil penelitian, (1) menghasilkan bahan ajar berbasis Model Struktur Representasi Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Extended Triad Level++). (2) terdapat perbedaan pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasis Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi.

References


Darmadi. (2011). Prosiding dari Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY

Herawaty, D., & Widada, W. (2018). The Influence of Contextual Learning Models and the Cognitive Conflict to Understand Mathematical Concepts and Problems Solving Abilities. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 218(ICoMSE 2017), 96–102.

Krisna S. Perbowo dan Trisna R. Pradipta (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Riil Mahasiswa Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal Pedidikan Matematika Kalamatika Vol.2 1 April 2017

Mutaqin, A. (2010). Mengapa Harus Belajar Analisis Real. https://anwarmutaqin.wordpress.com/2010/03/05/mengapa-harus-belajar-analisisreal/ (diakses 2017, 25 April).The Journal of Mathematics and Culture, 3(1), 66–102.

Widada, Wahyu; Herawaty, D. (2017). Realistic Mathematics Learning Based on Bengkulu Ethnomatematics to Increase Cognitive Level. Conference Proceeding BICSE – 2017, (Breaching international boundaries to share scientific research and advance education), 214–225.

Widada, Wahyu; Herawaty, D. (2018). The Effects of the Extended Triad Model and Cognitive Style on the Abilities of Mathematical Representation and Proving of Theorem. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 218, 218(ICoMSE 2017), 89–95.

Widada, W. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 22(1), 31–44. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran

Widada, W. (2016). Profile of Cognitive Stucture of Students in Understanding the Concept of Real Analysis. Journal of Mathematics Education, 5(2), 83–98. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.215

Widada, W., & Herawaty, D. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students ’ cognitive level. SOUTH EAST ASIA DESIGN RESEARCH INTERNATIONAL CONFERENCE, 27-18 June 2018, 1–6.

Widada, W., Sunardi, H., Herawaty, D., Pd, B. E., & Syefriani, D. (2018). Abstract Level Characteristics in SOLO Taxonomy during Ethnomathematics Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(8), 352–355. https://doi.org/10.21275/ART2019438




DOI: https://doi.org/10.31186/jpmr.v3i2.6296

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

 


 

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.

 

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats