Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kota Bengkulu

Suharto Suharto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. (2) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu, dan (3) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan menurut metodenya merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru ekonomi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan responden sebanyak 52 guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,302, nilai thitung sebesar 2,209, dan nilai signifikansi 0,032. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,139, nilai thitung sebesar 5,174, dan nilai signifikansi 0,000. (3) Terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru matematika  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai Fhitung sebesar 26,611 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.


Keywords


Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru

References


Arning Tyas Erma Yanti. 2012. Kinerja Guru Matematika di SMK Negeri se-Kota Magelang.Skripsi. FKIP Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakatya.

Asih Pratiwi. Pengaruh Pelaksanaan MGMP IPA Terpadu dan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Profesional Guru IPA SMP/MTs Se-Kota Magelang. Jurnal Volume 2, Nomor 1 (2013) diambil pada tanggal 10 November 2014 dari http://iournal.student.uny.ac.id/iurnal/artikel/1610/81/118

Bank Dunia. Spending More or Spending Better: Improving Education Financing in Indonesia. Jurnal diambil pada tanggal 27 Oktober 2014 dari http://www-wds.worldbank.org/

Burhan Nurgiyantoro. 2009. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Danang Sunyoto. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Penerbit CAPS.

Da’i Wibowo. 2009. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Tesis. Program Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Dessler, Garry. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alih bahasa: Eli Tanya. Penyunting Bahasa: Budi Supriyanto. Jakarta: Indeks.

Herawaty, D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 2(1). 46-64.

Evi Dwi Novianti. 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Ekonomi SMA Negeri Se-Kabupaten Sleman. Skripsi. Fakultas Ekonomi UNY: Yogyakarta.

Indrafachrudi. 2000. Kepemimpinan Pendidikan. Malang: P3T IKIP Malang.

Jasmani & Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru, Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Jerry H. Makawimbang. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Kusmianto. 1997. Panduan Penilaian Kinerja Guru oleh Pengawas. Jakarta.

Lantip & Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media.

Lina Rifa Naufalin. 2012. Kinerja Guru Tersertifikasi Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Pada SMA Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Martinis Yamin. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mitchel, T.R. and Larson. 1989. People and Organization: An Introduction to Organizational behavior. Singapore: McGraw Hill Inc.

Moh Uzer Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Momon Sudarma. 2013. Profesi Guru: Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit Rosdakaya.

. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pandji Anoraga. 2006. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Rugaiyah. 2011. Profesi Kependidikan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Saydam, G. 2000. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Djambatan.

Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia (Reformasi Birokrasi dan Manajemen PNS), Ed 1. Bandung: Refika Aditama.

Sondang Siagian. 1997. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi. 2004. Statistik: Jilid 2. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Suyadi Prawirosentono. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Syaiful Sagala, H. 2010. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Bermutu. Bandung: Alfabeta.

The Liang Gie. 2000. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tobari. (2014). Kabupaten Sleman Mulai Terapkan Kurikulum Baru. From http://infopublik.kominfo.go.id/read/87343/. 16 Oktober 2014.

Wahana Komputer. 2003. Mengolah Data Statistik Hasil Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Widada, W. (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2). 163-172




DOI: https://doi.org/10.31186/jpmr.v3i2.6308

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal kami diindeks oleh:

 


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .
Berdasarkan sebuah karya di https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr .

 

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats