Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Matematika Belajar Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu

Syaipul Amri

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengkaji kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka, prestasi belajar dan pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka terhadap prestasi belajar mata pelajaran Matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif, tetapi peneliti melakukan perlakuan untuk mengumpulkan data dengan mengedarkan kuisioner, test, wawancara terstruktur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Psikologi (skala kepercayaan diri) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dengan melalui tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Teknik analisis data digunakan dua jenis analisis yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka sangat memuaskan.  Sumbangan pengaruh variabel kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka sebesar 94,1% sedangkan sisanya sebesar 5,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Ekstrakurikuler Pramuka, Kepercayaan Diri (Self Confidence), Prestasi Belajar

References


Tim Penulis. (2010). Al-Qur’an Al Karim. Surabaya: Toha Putera.

Azwar, S. (2008). Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Dariyo, A., dkk. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Cetakan

I. Bandung: PT Refika Aditama.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah, S. B. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Asdi Maha Satya. Ghufron, M. N., & Risnawati, R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Cetakan I.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Madya, W. G. (2001). Kiat Jitu Melawan Rasa Takut. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

Herawaty, D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 2(1). 46-64.

Mitarwan. M. H. (2015). Peran IMM Fishum dalam Membangun Interaksi Sosial. Skripsi (tidak diterbitkan). Yokyakarta: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal PSIKOPEDAGOGIA 2016. Vol. 5, No. 1 ISSN: 2301-6167. Jakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Iswidharmanjaya, A., & Agung, G. (2005). Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri.

Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Krishna, A. (2006). Neo Psychic Awarenes. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Lauster, P. (2003). Tes Kepribadian (alih bahasa: D.H. Gulo). Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Makmun, A. S. (2007). Psikologi Pendidikan. Cetakan 9. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mardatillah. (2010). Pengembangan Diri. STIE Balikpapan: Madani. Mastuti, & Aswi. (2008). 50 Kiat Percaya Diri. Jakarta: PT. Buku Kita

Purwanto, N. (1990). Psikologi Pendidikan. Cetakan 5. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi Revisi.

Cetakan 17: Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2008). Psikologi Belajar. Edisi Revisi 7. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Umar, H. (2008). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali

Pers.

Widada, W. (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2). 163-172

Yudiantoro, E. (2006). Percaya Diri Itu Mudah. Cetakan I. Jakarta: Prestasi Pustaka. Yulianto, F., & Nashori H. F. (2006). Kepercayaan Diri dan Prestasi Tae Kwon Do

Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Psikologi Universitas Diponogoro Nomor 1

Tahun 3 2006, 55-62.




DOI: https://doi.org/10.31186/jpmr.v3i2.6309

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal kami diindeks oleh:

 


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .
Berdasarkan sebuah karya di https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr .

 

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats