Model pembelajaran matematika realistik yang efektif untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa SMP

Dewi Herawaty(1),
(1) , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran matematika Realistik yang Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Metode penelitian ini adalah pengembangan. Hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika SMP, dengan titik awal pembelajaran adalah masalah kontekstual sehingga siswa dapat melakukan proses matematisasi horizontal (melalui Fase Pemberian Masalah, Fase Berpikir, dan Fase Berpasangan) yang dilajutkan ke matematisasi vertikal (melalui Fase Eksplorasi, Fase Diskusi Hasil Eksplorasi, (6) Fase Penyimpulan). Prototipe rencana pelaksanaan pembelajaran matematika realitik adalah tertuang dalam sintaks pembelajaran sebagai berikut: a. Pendahuluan (5 menit); b.Kegiatan Inti: (1) Fase Pemberian Masalah (5 menit), (2) Fase Berpikir (10 menit), (3) Fase Berpasangan (10 menit), (4) Fase Eksplorasi (20 menit), (5) Fase Diskusi Hasil Eksplorasi (17 menit), (6) Fase Penyimpulan (10 menit); dan diakhiri dengan c. Penutup (3 menit).


Keywords


matematika realistik, kemampuan matematika

References


Baddely, Alan. 1998. Your Memory A User’s Guide. London: Prion

De Lange, J. 1987. Mathematics, insight and meaning. Utrecht: OW &OC

Dewi Herawaty. 2005. Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik di SMP. Dimuat dalam Jurnal Nasional Terakreditasi Alternatif, Jurnal Pemikiran Pendidikan, tahun XIII, No.2, Desember 2005.

Dewi Herawaty. 2004. Prinsip dan Karakteristik Pendidikan Matematika Realistik. Dimuat dalam Jurnal Kependidikan: V. 5 N. 2 Agustus 2005

Dewi Herawaty. 2003. Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel di SLTPN 21 Surabaya. Tesis. PPs. UNESA

Dewi Herawaty. 2005. Kualitas Respon mahasiswa berbasis Taksonomi SOLO untuk Matematika SMP tentang SPL. LPPM UMB: Laporan Penelitian

Dewi Herawaty. 2008. Analisis Sederhana tentang Hasil Ujian Nasional di Bengkulu. Artikel dimuat dalam Jurnal Madrasatuna Depag Bengkulu.

Dewi Herawaty dan Wahyu Widada, 2005. Kualitas Respon Siswa berbasis Taksonomi SOLO untuk Matematika SMP tentang SPL. Laporan Penelitian Mandiri.

Eggen, Paul D. & Kauchak, Donald. 1996. Strategies for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills. Third Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Gravemeijer, K.P.E. 1994. Developing realistic mathematics education. Utrecht: CD-ß Press / Freudenthal Institute

Soedjadi, R. 1999/2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Ditjen. Dikti. Depdiknas.

Streefland, L. 1991. Realistic Mathematics Education in Primary School. Utrecht: CD-ß Press / Freudenthal Institute

Suryanto. 2000. Evaluasi pada Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI. Universitas Negeri Yogyakarta

Wahyu Widada, Dewi Herawaty. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dan IPA Terpadu antara Kondisi Keunggulan Lokal Bengkulu dan Jaringan Perkembangan Skema (Triad Level+) Siswa SMP Bengkulu. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. DP2M Dithen Dikti.

Wahyu Widada, Dewi Herawaty. 2006. Pengembangan Teori Perkembangan Skema (Triad Level+) tentang Kalkulus pada Mahasiswa Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Laporan Penelitian Fundamnetal: DP2M Ditjen Dikti.

Wahyu Widada. 2002d. Sikel Pengajaran ACE: Membantu siswa dalam proses mengkonstruksi matematika. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional MIPA UM Malang berkerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (IMSTEP-JICA) 5 Agustus 2002.

Wahyu Widada. 2002e. Model Interaksi dari Beberapa Objek Matematika. Artikel dimuat dalam Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah Gentengkali. Vol. 4 No. 1 & 2

Wahyu Widada. 2004a. Pemrosesan informasi anak seusia TK tentang bilangan. Jurnal Buana Pendidikan. Unipa Surabaya. Tahun I, No. 01. Oktober.

Wahyu Widada. 2004b. Aktivitas berpikir matematis seorang siswa pada jenjang pendidikan dasar. Jurnal Alternatif. UMM Malang. Tahun XII, No. 2. Desember.

Wahyu Widada. 2005a. Dekomposisi Genetik (Teori APOS pada Pembelajaran Kalkulus). Jurnal Inspirasi. UM Bengkulu. Monograph.

Wahyu Widada. 2005b. Studi tentang Dekomposisi Genetik Mahasiswa dalam Mempelajari Teori Graph. Laporan Penelitian Dasar, didanai Ditjen. Dikti Depdiknas.

Wahyu Widada. 2006. Kiat meningkatkan kompetensi matematika peserta didik melalui pengembangan skema. Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika




DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7516

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia diindeks oleh:

  logo

 


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh  https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats