Pengembangan bahan ajar berbasis model struktur representasi pengetahuan mahasiswa pendidikan matematika untuk meningkatkan kemampuan membuktikan dan kemampuan representasi matematis

Authors

  • Dodi Isran STIES NU Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7517

Keywords:

bahan ajar, kemampuan pembuktian, representasi matematis, extended triad level

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar analisis real berbasis model struktur refresentasi pengetahuan mahasiswa pendidikan matematika (Extended Triad Level ++) yang valid, praktis dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan membuktikan dan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini juga melihat pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasisi Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berdasarkan pengembangan plomp 1999. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Buku Ajar, Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), Rencana Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Matematika (S1) Universitas Bengkulu dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu semester VI. Dengan hasil penelitian, (1) menghasilkan bahan ajar berbasis Model Struktur Representasi Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Extended Triad Level++). (2) terdapat perbedaan pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasis Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi.

References

Darmadi. (2011). Prosiding dari Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY

Krisna S. Perbowo dan Trisna R. Pradipta (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Riil Mahasiswa Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal Pedidikan Matematika Kalamatika Vol.2 1 April 2017

Mutaqin, A. (2010). Mengapa Harus Belajar Analisis Real. https://anwarmutaqin.wordpress.com/2010/03/05/mengapa-harus-belajar-analisisreal/ (diakses 2017, 25 April).

Widada, W. (2011) Penelitian Pendidikan Matematika. Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2011) Model Pembelajaran Berbasis Extended Level Triad ++ Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2002). Teori APOS sebagai Suatu Alat Analisis Dekomposisi Genetik terhadap Perkembangan Konsep Matematika Seseorang. Journal of Indonesian Mathematicel Society (MIHMI), 8(3).

Widada, W. (2015). THE EXISTENCE OF STUDENTS IN TRANS EXTENDED COGNITIVE DEVELOPMENT ON LEARNING OF GRAPH THEORY. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(1), 1–20.

Widada, W. (2016). Profile Of Cognitive Structure Of Students In Understanding The Concept Of Real Analysis. Journal of Mathematics Education (Infinity), 5(2), 83–98. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.215

Published

2018-12-20

How to Cite

Isran, D. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis model struktur representasi pengetahuan mahasiswa pendidikan matematika untuk meningkatkan kemampuan membuktikan dan kemampuan representasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 127–140. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7517

Issue

Section

Articles