Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa

Authors

  • Sarwoedi Sarwoedi
  • Desi Okta Marinka
  • Peni Febriani
  • I Nyoman Wirne

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521

Keywords:

Etnomatematika, Kemampuan Pemahaman, Indikator Pemahaman Siswa

Abstract

Etnomatematika adalah matematika dalam suatu budaya. Budaya yang dimaksud adalah kebiasaan-kebiasaan perilaku manusia dalam lingkungannya, seperti perilaku kelompok masyarakat perkotaan atau pedesaan, kelompok kerja, kelas profesi, siswa dalam kelompok umur, masyarakat pribumi, dan kelompok-kelompok tertentu lainnya. Berbagai Upaya telah dilakukan untuk menumbuhkan semangat dan motivasi belajar siswa terhadap matematika. Misalnya perbaikan dalam kurikulum, metode, serta model pembelajaran yang diterapkan. Dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan siswa. Salah satu upaya tersebut adalah melalui pembelajaran yang berbasis etnomatematika. Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika terbukti efektif dalam meningkatkan  kemampuan pemahaman matematika siswa. Hal ini terbukti bahwa dari hasil penelitian dan beberapa indiktor kemampuan pemahaman siswa menyatakan bahwa ada pengaruh etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa, yaitu dalam hal Mengidentifikasi, Menerjemah, menafsirkan makna simbol, Memahamai dan menerapkan ide matametis, Membuat suatu eksplorasi (perkiraan). Serta meningkatnya perolehan nilai hasil belajar siswa.

 

References

Ayu, L, S., Supriadi,. Aristyawan, A. 2016. Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Sunda Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. Kalimaya, Vol 4, No 2.

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawati S, Lilinan I, Mustarullah F. 2015. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dengan Etnomatematik Pada Materi Bidang Datar Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Euclid Vol II (2): 275 – 295.

D'Ambrosio, U. On ethnomathematics. 1989. Philosophica Mathematica (2) 4 no.1, 3-14.

Ernawati & kurniawati. 2017. Introduction Standard Unit Of Volume Measurement With Ethonmathematics Fof Elementary School Students. International Journal of Social Sciences. Volume 3 Issue 2, pp.1928-1941.

Hendriana & Sumarno. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematik. Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., Sumarmo, U,. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pemebelajaran Matematika. Malang: Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

National Council of Teacher of Mathematics. 1989. Curriculum and Evaluation Standard for Scool Mathmeatics. Reston. Virginia:NCTM.INC

Rachmawati, Inda. 2015. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Tersedia : www.scribd.com. Diakses 19 November 2017

Rakhmawati M, Rosida. 2016. Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7, No. 2, Hal 221-230, ISSN 2086-5872

Ricardo, R. 2016. Peran Etnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. Jurnal Literasi Vol II (2) : 118 – 125.

Rusliah, N. 2016. Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Procedings Of The Interntional Conference On University-Community Enggagement Surabaya– Indonesia, Hal: 715-726

Santrock J.W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Media Grup.

Yusuf, Mohammed Waziri, dkk. 2010. Ethnomatematics (a Mathematical Game in Hausa Culture). International Journal of Mathematical Science Education Technomethematics Research Foundation. http://www.tmrfindia.org/sutra/v3i16.pdf

Widada, W., Sunardi, H., Herawaty, D., Damara, B. E. P., Syefriani, D. (2018). Abstract Level Characteristis in Solo Taxonomy during Ethonathematics Learning. Internasional Journal of Science and Research (IJSR). ISSN.2319-7064.

Published

2018-12-24

How to Cite

Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171–176. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521

Issue

Section

Articles