Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyesaikan Soal-Soal PISA (Programme for International Student Assessment) di SMP Kota Bengkulu

Saleh Haji(1), Yumiati Yumiati(2), Zamzaili Zamzaili(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa SMP Kota bengkulu dalam menyelesaikan soal-soal PISA ((Programme for International Student Assessment). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 100 orang, siswa kelas VIII dari SMP 2, 4, 6, 11, 16, dan SMP IT Kota Bengkulu. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA pada sekolah level tinggi adalah 59,39, sekolah level sedang adalah 43,75, dan sekolah level rendah adalah 28,01. 2) Kesulitan-kesulitan siswa yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA sebagai berikut: a. Kesulitan dalam memahami soal; b.   Kesulitan dalam mengkaitkan aspek kehidupan nyata ke dalam permasalahan (model) matematika; c. Kesulitan dalam melakukan operasi matematika; dan d. Kesulitan dalam menginterpretasikan hasil penyelesaian matematika ke masalah dunia nyata.


Keywords


Analisis kesulitan, Soal-soal PISA

References


Aisyah (2013). Pengembangan Soal tipe PISA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edumatica. Volume03 Nomor 1, April 2013.

Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bogdan, R.C. & Biglen, S.K. (1982). Qualitative Research for Education: An. Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon Inc.

Delphi, B. (2006). Pembelajaran Berkebutuhan Khusus, dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: Refina Aditama.

Geddes, D. (1992). Psychomor Individualled Educational Program for Intelectual, Learning and Bihavioral Disabilities. Boston: Allyn Bacon, Inc.

Haji dan Abdullah (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Infinitiy, Vol. 5, No. 1, Februari 2016.

Haji, S. (2017). Development of The Basic Concepts of Mathematics Using Outdoor Learning in Primary School. Paper in The 2nd International Conference on Basic Education and Early Childhood at Indonesia University of Education, Serang Campus on 15th April 2017 in Serang, Indonesia.

Haji, Abdullah, Maizora, dan Yumiati (2017). Developing Students’ Ability of Mathematical Connection Through Using Outdoor Mathematics Learning. Infinity, Journal of Mathematics Education, Vol. 6, No. 1, February 2017.

Hartono, Y., Zulkardi, dan Novita, R. (2012). Exploring Primary Student’s Problem Solving Ability by Doing Task Like PISA’s Question. IndoMS JME Vol. 3 No. 2 July 2012, pp. 133-150.

Https://www.scribd.com/document/245174068/Soal-PISA-dan-Jawabanya-pdf, diapload tanggal 5-5-2018).

Ismail (2006). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Jurnal Edukasi, Vol. 2, Nomor 1.

Yumiati & Haji, S. (2018). Abilty of Students’ Mathematicl Connection Based on School Level in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series 11116 022047. IOP Publishing.

Kompas (2013). Posisi Indonesia Nyaris Juru Junci, Kemampuan Matematika dan Sains di Urutan Ke-46 dari 65 Negara. 5 Desember 2013.

Mulyadi (2010). Diagosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogayakarta: Nuha Litera.

Nisa dan Rejeki (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Memecahkan Soal Matematika Model PISA Konten Quantity. Skripsi. FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

OECD (2009). Learning Mathematics for Life. A. Perspetive from PISA. Programme for International Student Assessment.

PISA (2014). Programe for International Student Assessmet. http://nces.ed.gov/surveys/PISA/, August 2014.

Tohir, M. (2016). Hasil PISA Indonesia Tahun 2015 Mengalami Peningkatan. Tersedia Online: https://matematohir.wordpress.com/2016/12/08/hasil-pisa-indonesiatahun-2015-mengalami-peningkatan/ [08 Desember 2016].

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7522

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia indexed by:

 


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats