Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma

Budi Taqwan , Saleh Haji(1),
(1) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor learning) dan Gaya belajar terhadap Kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP Negeri 05 Seluma. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen yang dipilih dalam penelitian ini siswa kelas VII1 sebagai kelas Ekperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar test kemampuan lember test untuk kemampuan pemecahan masalah. Tehnik analisis data  terdiri dari tehnik analisis uji coba intrumen dan analisis uji hipotesis.analisis hipotesis penelitian menggunakan  mancova .hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  pembelajaran luar kelas (Outdoor learning)  dan gaya belajar terhadap kemampuan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP negeri 05 Seluma. Besar pengaruh pembelajaran luar kelas (Outdoor learning) dan gaya belajar  terhadap kemampuan Pemecahan Masalah  97,3 %.


Keywords


Pembelajaran luar kelas (Outdoor learning), mathematical problem solving abilities

References


Adelia V, Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor learning). Jogjakarta: DIVA Press. 2012.

Adelia ,Vera. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Ourdoor Study). Divapress: Yogyakarta

Ahmadi,A dan Prasetya.J Strategi Belajar Mengajar untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia. 2005

Amin, C. (2008). Memupuk. Tradisi Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Outdoor Learning Process (OLP). Makalah Seleksi Simposium Tahunan Penelitian Pendidikan. 2008.

Herawaty, D., & Widada, W. (2018). The Influence of Contextual Learning Models and the Cognitive Conflict to Understand Mathematical Concepts and Problems Solving Abilities. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 218(ICoMSE 2017), 96–102. https://doi.org/10.2991/icomse-17.2018.17

Widada, W. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 22(1), 31–44. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran

Widada, W., Herawaty, D., Falaq, A., Anggoro, D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 13–16.




DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7524

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times  PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia indexed by:

  Logo SINTA


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats