Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma

Authors

  • Saleh Haji Budi Taqwan

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7524

Keywords:

Pembelajaran luar kelas (Outdoor learning), mathematical problem solving abilities

Abstract

Pembelajaran Luar Kelas dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada siswa SMP Negeri 05 Seluma. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang dipilih dalam penelitian ini siswa kelas VII 1 sebagai kelas Ekperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes kemampuan lember tes untuk solusi pemecahan masalah. Tehnik analisis data terdiri Dari tehnik analisis uji coba intrumen Dan analisis uji hipotesis.analisis hipotesis Penelitian using MANCOVA .hasil Penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh Pembelajaran Luar Kelas ( pembelajaran terbuka) dan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP negeri 05 Seluma. Besar pengaruh Pembelajaran Luar Kelas ( luar ruangan belajar ) Dan gaya belajar Terhadap kemampuan Pemecahan * Masalah 97,3%.

References

Adelia V, Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor learning). Jogjakarta: DIVA Press. 2012.

Adelia ,Vera. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Ourdoor Study). Divapress: Yogyakarta

Ahmadi,A dan Prasetya.J Strategi Belajar Mengajar untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia. 2005

Amin, C. (2008). Memupuk. Tradisi Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Outdoor Learning Process (OLP). Makalah Seleksi Simposium Tahunan Penelitian Pendidikan. 2008.

Herawaty, D., & Widada, W. (2018). The Influence of Contextual Learning Models and the Cognitive Conflict to Understand Mathematical Concepts and Problems Solving Abilities. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 218(ICoMSE 2017), 96–102. https://doi.org/10.2991/icomse-17.2018.17

Widada, W. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 22(1), 31–44. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran

Widada, W., Herawaty, D., Falaq, A., Anggoro, D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 13–16.

Published

2019-05-30

How to Cite

Budi Taqwan, S. H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7524

Issue

Section

Articles