Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Soal Open Ended

Authors

  • Akhirman Akhirman
  • Nilna Nilna Ma’Rifah

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7527

Keywords:

Berpikir Kreatif, Team Assisted Individualization (TAI), Soal open ended

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui cara menerapkan Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan Soal Open Ended, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa IAIN Curup. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Tadris Matematika Semester III IAIN Curup. Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan Soal Open Ended, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan cara membentuk kelompok baru dengan berdasarkan hasil tes kemampuan Berpikir Kreatif bertanya kepada salah satu anggota kelompok tentang jawaban dari soal open ended yang diperoleh pada saat mengerjakan Lembar Tugas di Student Creative dan belajar kelompok, memberikan pengurangan nilai jika mahasiswa menyalin lembar jawaban dan tidak mengerjakan soal sesuai tipe, menentukan tipe soal yang dikerjakan oleh mahasiswa dan mahasiswa wajib memberikan tanda tangan seteleh mengecek jawaban mahasiswa. Peningkatan tes kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dari Siklus I ke Siklus II sebesar 16,92.

References

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas

Huda, C. (2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan

Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegi panjang. (Online). (http://digilib.sunanampel.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain--chotmilhud-9908,

diakses 21 September 2018)

Isjoni, 2013. Cooperatif Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Pehkonen, E. (1997). The State of Art in Mathematical Creativity. http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm. ZDM, 29 (3), 43.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta : Kakilangit Kencana.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Slavin, R. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Oleh Narulita Yusron. Tanpa tahun. Bandung: Nusa Media.

Suherman dkk. (2003). Strategi Pembelejaran Matematika Kontemporer. FKIP Matematika UPI.

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendekatan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028

Widada, W., Herawaty, D., Yanti, D., & Izzawati, D. (2018). the Student Mathematical Communication Ability in Learning Etnomathematics Orieted Realistic Mathematics. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(9), 881–884. https://doi.org/10.21275/ART20191277

Published

2019-05-30

How to Cite

Akhirman, A., & Nilna Ma’Rifah, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Soal Open Ended. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 36–43. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7527

Issue

Section

Articles