Pengaruh Model Pembelajaran Extended Triad Level ++ Terhadap Kemampuan Pembuktian Teorema Pada Analisis Real Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Authors

  • Malito Junizon

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7528

Keywords:

Model pembelajaran Extended Triad Level , Kemampuan pembuktian teorema

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh model pembelajaran extended triad level ++ dan self efficacy terhadap kemampuan pembuktian teorema mahasiswa pada analisis real di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jenis Penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Bengkulu pada semester ganjil 2016/2017 dengan populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika Semester V. Terdapat dua kelas penelitian yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran extended triad level ++ dan self efficacy terhadap kemampuan pembuktian teorema dengan nilai probabilitas p < 0,05. Selain itu, berdasarkan nilai rsquare model pembelajaran extended triad level ++ dan self efficacy memberikan pengaruh sebesar 36,6 % terhadap kemampuan pembuktian teorema dan menunjukkan kemampuan pembuktian teorema mahasiswa yang diajar melalui model pembelajaran Extended Triad Level ++ lebih baik dari pada mahasiswa yang diajar menggunakan model konvensional.

References

Dadang Juandi. 2008. Pembuktian, penalaran, Dan komunikasi matematika, FMIPA:UPI

Dickerson, D. S. (2008). High School Mathematics Teachers’Understandings of the Purposes of Mathematical Proof, Disertasi pada Syracuse University

Elah Nurlaelah & Utari Sumarmo, 2010. Matematika. Kajian Hasil-hasil Penelitian yang Berkaitan dengan teori APOS dan Kreativitas Bandung : UPI

Julan Hernadi. 2008. Motode Pembuktian Dalam Matematika.Yogyakarta :UAD

Kadir dkk (2008) Contoh-contoh teknik pembuktian dalam matematika, UPI

Kurnia Eka Lestari (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Unma Banten No. 17 Vol. 1 September 2015

I Made Arnawa. 2007. Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Matematika dan Sains, Juni 2009, vol. 14 no. 2, 64

Ika Yuniawati. ( ) hubungan self efficacy mahasiswa terhadap hasil belajar matematika pada penerapan model students teams achievement division (stad) dan model investigasi kelompok (ik) . Prodi Teknik Informatika. politeknik negeri banyuwangi

Lenny. 2015. Pola Pembelajaran Konvensional. Diakses Dari: http:// lenny lennoy.blogspot.com/2015/04/pola-pembelajaran-konvensional_21. html [06 Agustus 2015].

Romi Kurniawan (2011) Pengaruh Self-efficacy dan motivasi belajar mahasiswa terhadap kemandirian belajar mata kuliah analisis laporan keuangan pada mahasiswa program studi pendidikan akutansi angkatan 2008. Fakultas ilmu social dan ekonomi , UNY

Risnanosanti. (2015). Self Efficacy mahasiswa terhadap matematika dan pembelajaran berbasis kegiatan lesson study. FKIP Matematik.UMB

Widada, W. (2006) Kiat Meningkatkan Kompetensi Matematika MelaluiPengembangan Skema Matematis. Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Widada, W. (2010) Pengembangan Lanjutan Teori dan model Pembelajaran Matematika Berbasis Extended Level Triad++ untuk Mahasiswa Teori Graph. Laporan Hasil Penelitian Hibah Penelitian Kompetensi Tahun Anggaran 2010. Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2011) Penelitian Pendidikan Matematika. Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2011) Materi Kajian Psikologi Kognitif Pendidikan Matematika. Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2011) Model Pembelajaran Berbasis Extended Level Triad ++ Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2012) Kumpilasi/Kumpulan Artikel Proses Berpikir dan Proses Kognitif dalam Pembelajaran Matematika , Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2012) Model Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Matematika yang Membumi, Bengkulu; FKIP UNIB.

Widada, W. (2016) Sintak Model pembelajaran Ektended Triad Level ++, Bengkulu; FKIP UNIB

Published

2019-05-30

How to Cite

Junizon, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Extended Triad Level ++ Terhadap Kemampuan Pembuktian Teorema Pada Analisis Real Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 44–52. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7528

Issue

Section

Articles