Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Strategi Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa PGMI IAIN Bengkulu

Authors

  • Shinta Maya Sari

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7529

Keywords:

Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Strategi Peta Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan Strategi Peta Konsep terhadap kemampuan  pemecahan masalah mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental yang dilaksanakan di IAIN Bengkulu pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dengan populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PGMI semester 1 dan sampel penelitian adalah kelas c3.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas c3.3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Peta Konsep terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa, yaitu nilai kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa meningkat sebesar 0,416 (41,6%) dengan bantuan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan Strategi Peta Konsep.

 

References

Novak,J.D.(2011).Concept Mapping ; A useful tool for science education.Journal of research in science teaching, Vol 2,Desember,2011,p.937-949.

Novak,J.D& Canas,A.J.(2006).The Theory underlying concept maps and how.[online] www.ihmc.us

Pribadi, dkk (2015). Implimentasi strategi peta konsep (concept mapping) dalam program tutorial teknik penulisan artikel ilmiah bagi guru.diunduh http://jurnal.ut,ac.id

PISA Indonesia (2012). What students know and can do student performance in mathematics, reading, and science. (online) diakses di www.oecd.org (20 desember 2016)

Polya.2002. Problem Solving dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Buku.

Ruseffendi.2006. pengantar kepada pembantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sunismi. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Geometri dan Pengukuran Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1, No.1.

Wardani,S. (2009. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematika siswa SMA melalui pembelajaran dengan metode Sylver. Dipublikasikan pada jurnal Pendidikan di Jepang (2011).

Widada, W. (2004). Pendekatan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Surabaya: Unipa Press.

Wijaya.Ariyadi.(2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028

Widada, W., Herawaty, D., Yanti, D., & Izzawati, D. (2018). the Student Mathematical Communication Ability in Learning Etnomathematics Orieted Realistic Mathematics. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(9), 881–884. https://doi.org/10.21275/ART20191277

Published

2019-05-30

How to Cite

Sari, S. M. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Strategi Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa PGMI IAIN Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 53–59. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7529

Issue

Section

Articles