Pengaruh Pendekatan saintifik berbantuan media Power Point Terhadap Disposisi Matematika Siswa SMP Negeri 6 Kota Bengkulu

Saleh Haji Novrianti Prana Putri(1),
(1) , 

Abstract


Penelitian Penyanyi bertujuan untuk review mengetahui apakah Terdapat pengaruh Serta Perbedaan pendekatan saintifik berbantuan media yang Power Point Terhadap disposisi matematika Siswa SMP N 6 Kota Bengkulu DENGAN mengontrol kemampuan Awal disposisi matematika Penelitian Penyanyi merupakan Penelitian Eksperimen. . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII kelas yaitu VII A, VII B, VII C, VII D, VII E dan VII F SMP N 06 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 106 siswa dan perwmpuan 111 siswa . Instrumen Penilaian disposisi matematika yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan angket disposisi matematika. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: nilai signifikansi pada tabel kecil dari 0,05 maka terima H 1, signifikansi yang berkaitan dengan dukungan terhadap saintifik berbantuan media powerpoint terhadap kemampuan disposisi matematika. Besarnya pengaruh pelatihan pertama terhadap disposisi matematika adalah 66,1%


Keywords


Pendekatan Saintifik, Media Powerpoint, Disposisi matematika

References


Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2007 tentang Standar isi,standar kompetensi,dan kompetensi dasar. Badan Standar Nasional Pendidikan,Jakarta.

Beyer, J. (2011). Development and evaluation of an instrument to assess prospective teachers’ dispositions with respect to mathematics. International Journal of Business and Social Science, 2 (16), hlm. 20-32

Herawaty, D., & Widada, W. (2018). The Influence of Contextual Learning Models and the Cognitive Conflict to Understand Mathematical Concepts and Problems Solving Abilities. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 218(ICoMSE 2017), 96–102. https://doi.org/10.2991/icomse-17.2018.17

Widada, W. (2004). Pendekatan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Surabays: Unipa Press.

Widada, W. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 22(1), 31–44. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran

Widada, W., Herawaty, D., Yanti, D., & Izzawati, D. (2018). the Student Mathematical Communication Ability in Learning Etnomathematics Orieted Realistic Mathematics. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(9), 881–884. https://doi.org/10.21275/ART20191277




DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7531

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times  PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia diindeks oleh:

  logo Logo SINTA


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh  https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats