Pengaruh Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Bertanya dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pondok Kubang

Authors

  • Ikronudi Ikronudi

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7534

Keywords:

Model pembelajaran pencapaian konsep, kemampuan bertanya dan kemampuan pemahaman konsep

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan bertanya dan terhadap kemampuan pemahaman konsep; dan Untuk mengetahui kemampuan bertanya siswa dan kemampuan pemahaman konsep yang diajarkan dengan model pembelajaran pencapaian konsep lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, maka rancangan penelitian ini adalah desain pretes-postes dua kelompok, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pondok Kubang tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini dipilih dua kelas secara acak, satu kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dari hasil penelitian ini dianalisi dengan menggunakan dua teknik analisa data, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan inferensial, maka diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan bertanya; 2) Ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan pemahaman konsep; 3) kemampuan bertanya siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran pencapaian konsep lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional; 4) kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran pencapaian konsep lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

References

Egen, Paul D & Kauchak Donal. 1996. Stratregi for Teacher Teaching Content And Thinking Skills Third Edition. Boston Allin & Bocon.

Masykur Ag, Moch dan Abdul Halim Fathani. 2007. Mathematical Intelligence. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028

Widada, Wahyu. (2004). Pendekatan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Surabays: Unipa Press.

Widada, Wahyu. (2015). Proses Pencapaian Konsep Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 22(1), 31–44. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran

Published

2019-05-30

How to Cite

Ikronudi, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Bertanya dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pondok Kubang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 84–89. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7534

Issue

Section

Articles