Penggunaan Bahan Ajar Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Wanti Asmara

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7535

Keywords:

Bahan Ajar Outdoor Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan bahan ajar Outdoor Learning. Bahan ajar tersebut terdiri dari Buku Ajar dan LKPD. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan populasi penelitian yaitu siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar outdoor learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dengan nilai N-gain 0,50 (sedang).

References

Broda, H. W. (2011). Moving the classroom outdoors: Schoolyard-enhanced learning in action. Stenhouse Publishers.

Harte, H. A. (2013). Universal design and outdoor learning. Dimensions of Early Childhood, 41(3), 18-22.

Herawaty, D., Widada, W., Novita, T., Waroka, L., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Students’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012089

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia.

Polya, G. (2014). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton university press.

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2010). PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do–Student Performance in Reading, Mathematics, and Science (Volume I). Paris: OECD Publishing.

Meyer, H. D., & Benavot, A. (Eds.). (2013, May). PISA, power, and policy: The emergence of global educational governance. Symposium Books Ltd.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Penata Media Group: Jakarta

Walid, M., & Hanifah, N. H. (2018). Pengembangan Buku Ajar Tematik Kelas Iv Berbasis Integrasi Islam Pada Subtema Pemanfaatan Energi Di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(2), 259-274.

Widada, W., Herawaty, D., Falaq, A., Anggoro, D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 295, 295(ICETeP 2018), 13–16.

Widada, W., Sunardi, H., Herawaty, D., Pd, B. E., & Syefriani, D. (2018). Abstract Level Characteristics in SOLO Taxonomy during Ethnomathematics Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(8), 352–355. https://doi.org/10.21275/ART2019438

Published

2019-05-30

How to Cite

Asmara, W. (2019). Penggunaan Bahan Ajar Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 90–95. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7535

Issue

Section

Articles