Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

  • Leni Agustina Daulay Pendidikan Matematika, STAIN Gajah Putih Takengon

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 4 Takengon. Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  quasi eksperimen  dengan  two  group  pretest  postest  design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang ada pada SMP Negeri 4 Takengon, sampel digunakan 28 pada masing-masing kelas eksprimen dan kelas kontrol. Hasil pembelajaran pada kelas eksprimen diperoleh tes awal (pretest) siswa  = 53,60 dan S = 8,82 sedangkan nilai tes akhir (postest) diperoleh  = 83,60 S=8,82. Pada kelas kontrol hasil pembelajaran nilai tes awal (pretest) siswa  = 50,92 dan S = 9,36 sedangkan nilai tes akhir (postest) diperoleh  = 76,10 dan S = 9,33. Pengujian hipotesis diperoleh thitung  ttabel yaitu 3,72 > 2,007 sehingga dapat disimpulkan ha diterima dan menunjukan bahwa terdapat perbedaan kelas kontrol dan kelas eksprimen terhadap kemampuan komunikasi matematis. Hal ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran STAD pada kelas IX SMPN 4 Takengon.

References

Ansari, Bancu I. (2016). Komunikasi Matematik Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: PENA.

Daulay, LA; Hakim, H; & Sartikawati, LD. (2019). The Improvement Of Student’s Mathematical Communication Ability By Using Cooperative Learning: Course Review Horay. Jurnal Tarbiyah, 6(1), 185 – 2014. http://doi.org/10.30829/tar.v26i1.376.

.

Hartuti, Samparadja, H & Awaludin. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Setting Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP Negeri 10 Poleang Selatan Bombana. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1). http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/viewFile/3053/2290

Herawaty, D., Gusri, S. A., Saputra, R., Liana, E., & Aliza, F. (2019). The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012074), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012074

Istarani, & Ridwan, M. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.

Meyer, K. (2014). Making Meaning In Mathematics Problem Solving Using The Reciprocal Teaching Approach. Literacy Learning: the Middle Years. 22(2), 7–14. https://www.alea.edu.au/documents/item/893

Muanifah, MT., Budiyono, & Subanti, S. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Dan Reciprocal Teaching Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Ditinjau Dari gaya Belajar Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Sleman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5), 525 - 533. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/viewFile/10446/9332

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virgina: Reston.

Qohar, A., & Sumarmo, U. (2013). Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning Of Yunior High Students by Using Reciprocal Teaching. IndoMS, J.M.E, 4(1), 59-74. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/562

Suparni. (2016). Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Kaitannya Dengan Kemampuan Komunikasi Matemamtika Siswa. Logaritma, 4 (1). e-journal.perpustakaanstainpsp.net/index.php/logaritma/article/download/376/373

Trianto. (2007). Model – model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tristiyanti, T & Afriansyah, EA. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi dan Reciprocal Learning. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya 1 (2). journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme/article/download/269/255.

Widada, W., Herawaty, D., Yanti, D., & Izzawati, D. (2018). The Student Mathematical Communication Ability in Learning Etnomathematics Orieted Realistic Mathematics. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(9), 881–884. https://doi.org/10.21275/ART20191277

Yvonne Reilly, Jodie Parsons and Elizabeth Bortolot. (2014). Reciprocal Teaching In Mathematics. Sunshine College: Victoria. https://www.scribd.com/document/173654518/Reciprocal-Teaching-in-Mathematics

Published

2019-12-02

How to Cite

Daulay, L. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 38–46. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9751