Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu melalui Model Discovery Learning (DL)

Sarnawiah Sarnawiah(1), Nurul Astuty Yensy(2),
(1) , 
(2) Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu, 

Abstract


Kemampuan peserta didik dalam soal konsep matematika khusus pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu masih rendah. Hal ini penting pada hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari cara pelaksanaan, aktivitas peserta didik mengenai pembelajaran matematika dengan model Discovery Learning serta untuk mempelajari peningkatan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran matematika dengan menerapkan model Discovery Learning . Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan modelPenemuan Pembelajaran secara umum berlangsung kondusif, peserta didik menunjukkan respon positif, serta peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi relasi dan fungsi pada siklus kedua. Peningkatan hasil belajar tersebut dibuktikan dengan Peningkatan nilai tes peserta didik. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 62,07 dan pada siklus II adalah 82,76. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan pendidik dapat menerapan model Discoevry Learning dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik agar hasil belajar peserta didik pada materi relasi dan fungsi dapat meningkat.


Keywords


PTK, Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Relasi dan Fungsi

References


Adinawan, C dan Sugijono. 2008. Seribu Pena Matematika Untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Adriantoni & Nurdin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. Dkk. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, Melia. 2013. Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pecahan Siswa kelas IV. Jember: Universitas Jember. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63002/Melia%20Sandra%20Dewi.pdf;sequence=1., (Diakses tanggal 9 Juli 2018).

Diayi, Asri. 2012. Hubungan Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Skripsi Universitas Negeri Gorontalo, tidak diterbitkan.

Dudeja, V dan Madhafi, V. 2014. Jelajah Matematika SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudhistira.

Encar, E. 2015. Upaya meningkatkan aktivitas dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP melalui penggunaan teknik pembelajaran Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL): Skripsi FKIP Uninus Bandung, tidak diterbitkan.

Heriawan, dkk. 2012. Metodologi Pembelajaran Kajian Teoretis Praktis. Banten: lembaga pembina dan pengembangan.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika. Bandung : PT. remaja rosdakarya Offset.

Kemendikbud. 2003. Model Pembelajaran Penemuan (Discovry Learning). https://docs.google.com/document/d/.../edit?pli=1, (Diakses 11 Juli 2018).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Panduan Guru Matematika Kelas VIII SMP/MTS. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari & Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.

Mustafa, Rosit. 2015. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar matematika Melalui Model Discovery Learning. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. eprints.ums.ac.id/32781/22/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf , (Diakses 10 Juli 2018).

Shadiq, Fadjar. 2014. Pembelajaran Matematika cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja rosdakarya.

Sukino dan Simangunsong, Wilson. 2006. Matematika Untuk SMP Kelas VIII Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Uno, Hamzah. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.

Uno, Hamzah. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i2.9752

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia diindeks oleh:

  logo Logo SINTA


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh  https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Stats