Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu melalui Model Discovery Learning (DL)

Authors

  • Sarnawiah Sarnawiah Pendidikan Profesi Guru SM-3T Matematika Universitas Bengkulu
  • Nurul Astuty Yensy Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9752

Keywords:

PTK, Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Relasi dan Fungsi

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam soal konsep matematika khusus pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu masih rendah. Hal ini penting pada hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari cara pelaksanaan, aktivitas peserta didik mengenai pembelajaran matematika dengan model Discovery Learning serta untuk mempelajari peningkatan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran matematika dengan menerapkan model Discovery Learning . Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan modelPenemuan Pembelajaran secara umum berlangsung kondusif, peserta didik menunjukkan respon positif, serta peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi relasi dan fungsi pada siklus kedua. Peningkatan hasil belajar tersebut dibuktikan dengan Peningkatan nilai tes peserta didik. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 62,07 dan pada siklus II adalah 82,76. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan pendidik dapat menerapan model Discoevry Learning dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik agar hasil belajar peserta didik pada materi relasi dan fungsi dapat meningkat.

References

Adinawan, C dan Sugijono. 2008. Seribu Pena Matematika Untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Adriantoni & Nurdin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. Dkk. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, Melia. 2013. Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pecahan Siswa kelas IV. Jember: Universitas Jember. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63002/Melia%20Sandra%20Dewi.pdf;sequence=1, (Diakses tanggal 9 Juli 2018).

Diayi, Asri. 2012. Hubungan Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Skripsi Universitas Negeri Gorontalo, tidak diterbitkan.

Dudeja, V dan Madhafi, V. 2014. Jelajah Matematika SMP Kelas VIII. Jakarta: Yudhistira.

Encar, E. 2015. Upaya meningkatkan aktivitas dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP melalui penggunaan teknik pembelajaran Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL): Skripsi FKIP Uninus Bandung, tidak diterbitkan.

Heriawan, dkk. 2012. Metodologi Pembelajaran Kajian Teoretis Praktis. Banten: lembaga pembina dan pengembangan.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika. Bandung : PT. remaja rosdakarya Offset.

Kemendikbud. 2003. Model Pembelajaran Penemuan (Discovry Learning). https://docs.google.com/document/d/.../edit?pli=1, (Diakses 11 Juli 2018).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Panduan Guru Matematika Kelas VIII SMP/MTS. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari & Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.

Mustafa, Rosit. 2015. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar matematika Melalui Model Discovery Learning. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. eprints.ums.ac.id/32781/22/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf , (Diakses 10 Juli 2018).

Shadiq, Fadjar. 2014. Pembelajaran Matematika cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja rosdakarya.

Sukino dan Simangunsong, Wilson. 2006. Matematika Untuk SMP Kelas VIII Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Uno, Hamzah. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.

Uno, Hamzah. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Published

2019-12-02

How to Cite

Sarnawiah, S., & Yensy, N. A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu melalui Model Discovery Learning (DL). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 47–57. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9752